PERAN IBU DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN KELUARGA (STUDI PADA IBU YANG BEKERJA SEBAGAI PEMBANTU RUMAH TANGGA DI DESA PAMIJEN KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS)

Indriyan, Syelfiyana (2021) PERAN IBU DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN KELUARGA (STUDI PADA IBU YANG BEKERJA SEBAGAI PEMBANTU RUMAH TANGGA DI DESA PAMIJEN KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BabI_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Indriyan Syelfiyana_Peran Ibu dalam Menanamkan Kemandirian Anak Usia Dini di Lingkungan Keluarga.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mendapatkan pengetahuan lebih luas tentang peran ibu yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga dalam menanamkan kemandirian anak usia dini di lingkungan keluarga di desa pamijen kecamatan sokaraja kabupaten Banyumas. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang tergolong dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan model Miles Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga di desa Pamijen Kecamatan Sokaraja dalam menjalankan peran terhadap kemandirian anak usia dini di lingkungan keluarga yaitu dengan meluangkan waktu terbaik untuk anak, menerapkan kebiasaan dan kedisiplinan pada anak, menerpakan tanggung jawab pada anak serta memberikan reward atau hadiah sebagai motivasi untuk anak agar terus terdorong melakukan kemandirian-kemandirian lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Peran, Ibu Yang Bekerja Sebagai Pembantu Rumah Tangga, Kemandirian.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Indriyan Syelfiyana
Date Deposited: 20 Aug 2021 06:48
Last Modified: 20 Aug 2021 06:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10988

Actions (login required)

View Item View Item