IMPLEMENTASI MODEL BLENDED LEARNING DALAM RUMPUN MATA PELAJARAN PAI DI MI DARUL ULUM TINGGARJAYA SIDAREJA CILACAP

Windu, Sasasi (2021) IMPLEMENTASI MODEL BLENDED LEARNING DALAM RUMPUN MATA PELAJARAN PAI DI MI DARUL ULUM TINGGARJAYA SIDAREJA CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab 1_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Windu Sasasi_Implementasi Model Blended Learning Dalam Rumpun PAI di MI Darul Ulum Tinggarjaya Sidareja(1).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Latar belakang dari penelitian ini dikarenakan melihat fenomena pada masa sekarang dengan adanya pandemic Covid-19 yang mengharuskan proses pembelajaran di alihkan dari pembelajaran normal tatap muka atau konvensional ke pembelajaran dalam jaringan. Tetapi seiring berjalannya waktu, pandemic Covid-19 sudah mulai surut sehingga memberanikan untuk melalukan pembelajaran Luring (luar jaringan) dengan melihat situasi dan kondisi yang dirasa sudah cukup aman untuk melakukan pertemuan tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang model pembelajaran yang digunakan pada masa Covid-19 yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning . Model pembelajaran Blended Learning yaitu model pembelajaran yang mengkombinasikan antara pembelajaran Luring (luar jaringan) dan Daring (dalam jaringan) sebagai strategi pembelajaran dan pencapaian hasil pembelajaran peserta didik dalam pembelajaran rumpun PAI di MI Darul Ulum Tinggarjaya Sidareja Cilacap yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan tahap evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu dengan menggali sumber data dari Kepala Madrasah Ibtidaiyyah Darul Ulum Tinggarjaya Sidareja Cilacap, wali kelas 5.B, dan peserta didik MI Darul Ulum Tinggarjaya Sidareja Cilacap, dan juga pengamatan secara langsung terkait Implementasi Model Blended Learning . Analisis yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) pembelajaran pada masa Covid-19 di MI Darul Ulum Tinggarjaya Sidareja Cilacap dengan menggunakan Model pembelajaran Blended Learning . Pembelajaran Blended Learning yaitu dengan menggabungkan antara pembelajaran Daring (dalam jaringan) dan Luring (luar jaringan). Pembelajaran Daring dan Luring dilakukan dengan menyusun pesencanaan dan proses pelaksanaan. Perencanaannya yaitu dengan cara menyiapkan dan membuat materi serta evaluasi, sedangkan pelaksanaannya yaitu dengan membagikan materi kepada peserta didik. (2) strategi pembelajaran sebagai perencanaan pembelajaran dengan tetap menggunakan pendekatan dan model belajar yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran. (3) hasil belajar peserta didik menunjukan bahwa tidak semua peserta didik dapat menerima dan menyerap materi yang telah diberikan oleh pendidik dengan waktu yang cukup singkat dan dengan adanya berbagai faktor lainnya. Kata Kunci : Covid-19, Implementasi Model Blended Learning , pembelajaran Daring, pembelajaran Luring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Implementasi Model Blended Learning , pembelajaran Daring, pembelajaran Luring.
Subjects: 000 Generalities > 002 The book
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: windu sasasi sdr
Date Deposited: 22 Aug 2021 23:56
Last Modified: 22 Aug 2021 23:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10960

Actions (login required)

View Item View Item