PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ASPEK ILMU NAHWU DI KELAS VIII SMP ALAM AL AQWIYA CILONGOK BANYUMAS

Gany, Fitriani (2021) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ASPEK ILMU NAHWU DI KELAS VIII SMP ALAM AL AQWIYA CILONGOK BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Gany Fitriani_Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Aspek Ilmu Nahwu Di Kelas VIII SMP Alam Al Aqwiya Cilongok Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Problematika pembelajaran ilmu nahwu merupakan studi pembahasan mengenai permasalahan-permasalahan yang ditemui selama belajar ilmu nahwu. Ilmu nahwu adalah kumpulan aturan rumus yang digunakan untuk mengetahui bentuk bahasa Arab atau bentuk polanya, baik ketika mufrod maupun tersusun dengan kata yang lain. Problematika pembelajaran ilmu nahwu adalah segala permasalahan yang melingkupi pembelajaran siswa di kelas yang perlu diperhatikan. Permasalahan yang sering terjadi bisa terjadi karena faktor pendidik, faktor peserta didik, dan faktor sarana dan prasarana. Rumusan masalah penelitian ini adalah apa saja permasalahan-permasalahan yang terjadi ketika pembelajaran ilmu nahwu menggunakan kitab jurumiyah di kelas VIII D SMP Alam Al Aqwiya Cilongok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis problematika pembelajaran nahwu dengan menggunakan kitab Al-Jurumiyah di kelas VIII D SMP Alam Al Aqwiya Cilongok. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Subyek penelitiannya adalah pendidik dan peserta didik kelas VIII D SMP Alam Al Aqwiya Cilongok. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pembelajaran ilmu nahwu di kelas VIII D SMP Alam Al Aqwiya dapat disimpulkan bahwa, permasalahan yang terjadi di kelas tidak hanya dari peserta didik saja, tapi dari pendidik dan sarana prasarana. Permasalahan yang terjadi pada peserta didik adalah, kurang motivasi menghafal kitab, sering mengantuk di kelas, tidak memperhatikan guru mengajar. Permasalahan yang terjadi pada pendidik adalah, suara yang dihasilkan kurang jelas terdengar, tidak mempersiapkan RPP, kurang efektif dalam menerapkan metode pembelajaran, sedangkan pada faktor sarana dan prasarana yaitu kurangnya meja dan kursi untuk belajar dan suasana kelas yang bising.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaran, Ilmu Nahwu, SMP Alam Al Aqwiya Cilongok
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Gany Fitriani sdri
Date Deposited: 19 Aug 2021 07:58
Last Modified: 19 Aug 2021 07:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10949

Actions (login required)

View Item View Item