PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MUHAMMADIYAH SEMONDO KECAMATAN GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN

LISNA, SUSANTI (2021) PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MUHAMMADIYAH SEMONDO KECAMATAN GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_BabI_BabV_DaftarPustaka.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LisnaSusanti_Pennaman NIlai-nilai Karakter Pada Masa Pandemi Covid-19 di MIM Semondo Kec. Gombong Kab. Kebumen.pdf

Download (954kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pendidikan karakter merupakan faktor yang sangat penting dalam membangun karakter bangsa yang baik. Pendidikan karakter harus ditanamkan sejak dini melalui jenjang pendidikan dasar. Implementasi pendidikan karakter pada peserta didik dilakukan melalui pembiasaan setiap hari maupun terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana proses pembelajaran pada saat pandemi, integrasi kegiatan pembelajaran di madrasah dan pondok pesantren, dan proses penanaman nilai-nili karakter pada pembelajaran di madrash dan Pondok Pesantren Rumah Tahfidz AmanahQu MI Muhammadiyah Semondo Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, wali kelas 1-6, ustadz dan ustadzah, peserta didik dan santri. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran pada saat pandemi di MI Muhammadiyah Semondo dilakukan secara PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) dan setelah mendapatkan persetujuan dari yayasan maka pembelajaran dilakukan secara tata muka. Integrasi pembelajaran di madrasah dan Pondok Pesantren Rumah Tahfidz AmanahQu MI Muhammadiyah Semondo berlangsung seperti madrasah pada umumnya namun dalam proses penanaman karakter madrasah dan pondok pesantren melakukan dengan pembiasaan rutin setiap harinya dengan beberapa rangkaian kegiatan yang sudah terjadwal. Kegiatan yang dilakukan di madrasah ataupun di pondok pesantren ini sangat mendidik dan sangat bagus untuk membentuk karakter anak. Terutama pada musim pandemi seperti ini, masih jarang madrasah/sekolah negeri atau swasta yang mengaktifkan pembelajaran secara tatap muka dan sekaligus pondok pesantren. Namun dengan adanya surat persetujuan dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) maka MI Muhammadiyah Semondo membranikan untuk memngaktifkan kegiatan pembeljaran di madrasah dan pondok pesantren secara normal dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kata kunci: Nilai-nilai Karakter, Penanaman Karakter, Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Karakter, Penanaman Karakter, Pandemi Covid-19
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lisna Susanti sdr
Date Deposited: 19 Aug 2021 07:50
Last Modified: 19 Aug 2021 07:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10942

Actions (login required)

View Item View Item