KONSEP KOMPETENSI GURU DALAM KITAB AT-TIBYAN FI ADABI HAMALATI AL-QUR’AN KARANGAN ABU ZAKARIYYA YAHYA BIN SYARAF AN-NAWAWI

Rofik, Hidayat (2021) KONSEP KOMPETENSI GURU DALAM KITAB AT-TIBYAN FI ADABI HAMALATI AL-QUR’AN KARANGAN ABU ZAKARIYYA YAHYA BIN SYARAF AN-NAWAWI. Skripsi thesis, UIN Prof KH. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Konsep Kompetensi Guru-Rofik Hidayat.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas pendidikan Indonesia dalam aspek kemampuan guru dalam menunjang terwujudnya tujuan pendidikan di Indonesia. Padahal, guru memegang peranan amat besar dalam meningkatkan mutu pengembangan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas. Oleh karena itu, kompetensi guru wajib dipenuhi dan dilaksanakan. Kitab at-Tibya>n fi> ada>bi h{amalati al-Qur’a>n (penjelasan tentang adab mengemban al-Qur’an) merupakan kitab yang membahas perkara-perkara yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap orang Islam, termasuk dalam kitab ini syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh guru sebelum mengajar. Kitab ini merupakan salah satu karya dari Imam Abu Zakariyya Muhyiddin Yahya bin Syaraf an-Nawawi, yang masyhur dengan sebutan Imam an-Nawawi. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode dokumentasi. Metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, lengger, agenda, dan sebagainya. Hasil penelitian ini adalalah terdapat beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Antara lain 1) Kompetensi pedagogik yaitu mengetahui tahapan pembelajaran dan pemberian nasihat 2) Kompetensi kepribadian yaitu untuk mencari ridho Allah dan berahlak mulia 3) Kompetensi profesional yaitu mengajar tidak mengharap diniawi dan selalu bersungguh-sungguh serta menguasai materi 4) Kompetensi sosial yaitu mengajar dengan tawadhu, rendah hati dan menghargai pengajar yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, At-Tibyan Fi Adabi Hamalati Al-Qur’an, Abu Zakariyya Yahya Bin Syaraf An-Nawawi
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rofik Hidayat sdr
Date Deposited: 08 Sep 2021 07:41
Last Modified: 08 Sep 2021 07:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10937

Actions (login required)

View Item View Item