PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X IPA MAN 1 CILACAP

LAILI, NUR FAIZAH (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X IPA MAN 1 CILACAP. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAILI NUR FAIZAH_PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANROID UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS X IPA MAN 1 CILACAP (1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat mampu merambah setiap aspek kehidupan tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Pengintegrasian teknologi dalam dunia pendidikan dapat disaksikan dengan adanya media pembelajaran yang berbasis teknologi seperti halnya Hand Phone (HP) yang umum digunakan oleh hampir setiap kalangan. Sejalan dengan perkembangan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Matematika berbasis Android untuk siswa Kelas X IPA MAN 1 Cilacap dengan berbantu aplikasi Adobe Flash CS 6 pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga variabel (SPLTV). Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Matematika berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran matematika, dan pendapat siswa. Penelitian ini meupakan Penelitian Pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan model ADDIE dengan tahapan : 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Perencanaan), 3) Development (Pengembangan ), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi). Validasi dilakukan oleh validator ahli materi, validator ahli media, praktisi pembelajaran matematika. Media pembelajaran yang telah dikembangkan diujicobakan kepada 37 siswa kelas X IPA 6 MAN 1 Cilacap. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif matematika yang diperoleh adalah sebagai berikut : 1) Penilaian oleh validator ahli materi diperoleh skor rata-rata sebesar 3,65 dengan presentase 91,25% sehingga temasuk dalam kategori “Sangat Layak”, 2) Penilaian oleh validator ahli media diperoleh skor rata-rata sebesar 3,37 dengan presentase 84,25% sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, 3) Penilaian oleh praktisi pembelajaran diperoleh skor rata-rata sebesar 3,51 dengan presentase sebesar 87,75% dan termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, dan 4) Pendapat siswa pada saat uji coba terbatas memperoleh skor rata-rata sebesar 3,86 dengan presentase 96,50% dan termasuk dalam kategori “Sangat Menarik”, sedangkan pada saat uji coba lapangan diperoleh skor rata-rata sebesar 3,25 dengan presentase 82,25% dengan kriteria “Sangat Menarik”. Dengan demikian Media Pembelajaran Interaktif Matematika ini dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika materi Sistem Pesamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif Matematika, SPLTV, Android, R & D, ADDIE, Adobe Flash CS 6.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sdri Laili Nur Faizah
Date Deposited: 18 Aug 2021 03:27
Last Modified: 18 Aug 2021 03:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10925

Actions (login required)

View Item View Item