KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA DINI DALAM FILM ANIMASI NUSSA DAN RARA

Deva Mega, Istifarriana (2021) KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA DINI DALAM FILM ANIMASI NUSSA DAN RARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DEVA MEGA ISTIFARRIANA_KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA DINI DALAM FILM ANIMASI NUSSA DAN RARA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Karakter religius merupakan penghayatan ajaran agama yang dianut dan telah melekat dalam diri seseorang yang penting untuk ditanamkan kepada anak sejak dini. Salah satu cara untuk menanamkan karakter religius anak usia dini yaitu melalui tayangan film animasi Nussa dan Rara. Orang tua perlu membimbing anaknya menonton film animasi Nussa dan Rara karena film animasi Nussa dan Rara tidak hanya menghibur tetapi juga menyampaikan pesan moral sehingga dapat menanamkan nilai karakter dan budi pekerti pada anak. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan karakter religius anak usia dini apa saja dalam film animasi Nussa dan Rara (2) untuk mendeskripsikan kesesuaian karakter religius anak usia dini dalam film animasi Nussa dan Rara dengan perkembangan agama anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu : (1) Karakter religius anak usia dini dalam film animasi Nussa dan Rara yaitu (a) tolong menolong ditemukan di episode Toleransi dan Tak Bisa Balas, tolong menolong merupakan tindakan yang dilakukan dengan sukarela untuk menolong orang lain tanpa mengharapkan imbalan (b) beriman dan bertaqwa ditemukan di episode Toleransi, Sholat itu Wajib, Latihan Puasa, dan Tak Bisa Balas, beriman dan bertaqwa merupakan siakp dan perilaku terbiasa melaksanakan aktivitas yang bermanfaat untuk kehidupan di dunia maupun di akhirat (c) bersyukur ditemukan di episode Belajar Ikhlas, bersyukur merupakan sikap terbiasa mengucapkan terimakasih dan menghindari sikap sombong dan (d) ikhlas ditemukan di episode Toleransi dan Belajar Ikhlas, ikhlas merupakan sikap dan perilaku seseorang yang tulus dalam membantu orang lain (2) Karakter religius anak usia dini dalam film animasi Nussa dan Rara sudah sesuai dengan perkembangan agama anak, kesesuaian karakter religius anak usia dini dalam film animasi Nussa dan Rara dengan perkembangan agama anak dapat ditemukan di episode Belajar Ikhlas, Toleransi, Sholat Itu Wajib, Latihan Puasa, dan Tak Bisa Balas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter Religius, Anak Usia Dini, Film Animasi Nussa dan Rara
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.79 Seni Drama, Sinetron, Film
300 Social sciences > 370 Education
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Deva Istifarriana mega
Date Deposited: 18 Aug 2021 03:19
Last Modified: 18 Aug 2021 03:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10918

Actions (login required)

View Item View Item