PENGARUH MODAL MINIMAL, PERSEPSI MANFAAT DAN PENGETAHUAN INVESTASI TERHADAP MINAT BERINVESTASI SAHAM SYARIAH (STUDI KASUS MAHASISWA FEBI IAIN PURWOKERTO)

Pawit, Tazkiyatur Rizkiyah (2021) PENGARUH MODAL MINIMAL, PERSEPSI MANFAAT DAN PENGETAHUAN INVESTASI TERHADAP MINAT BERINVESTASI SAHAM SYARIAH (STUDI KASUS MAHASISWA FEBI IAIN PURWOKERTO). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
PAWIT TAZKIYATUR RIZKIYAH_PENGARUH MODAL MINIMAL, PERSEPSI MANFAAT DAN PENGETAHUAN INVESTASI TERHADAP MINAT BERINVESTASI SAHAM SYARIAH (STUDI KASUS MAHASISWA FEBI IAIN PURWOKERTO).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keberadaan pasar modal di Indonesia merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan perekonomian nasional. Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia tentunya memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah. Saham syariah merupakan salah satu instrumen di pasar modal syariah. Namun pada kalangan mahasiswa, khususnya mahasiswa muslim banyak yang belum melek investasi saham syariah padahal sangat penting melakukan investasi semasa muda untuk menunjang masa depan. Minat berinvestasi saham syariah tentu dilandasi berbagai faktor diantaranya adalah modal minimal, persepsi manfaat dan pengetahuan investasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) Pengaruh modal minimal terhadap minat berinvestasi saham syariah; (2) Pengaruh persepsi manfaat terhadap minat berinvestasi saham syariah; (3) Pengaruh pengetahuan investasi terhadap minat berinvestasi saham syariah; (4) Pengaruh modal minimal, persepsi manfaat dan pengetahuan investasi secara bersama-sama terhadap minat berinvestasi saham syariah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model explanatory research. Data penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan melalui metode kuesioner dengan proportional random sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data menggunakan uji rank spearman, kendall’s w dan regresi ordinal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari modal minimal terhadap minat berinvestasi saham syariah; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari persepsi manfaat terhadap minat berinvestasi saham syariah; (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari pengetahuan investasi terhadap minat berinvestasi saham syariah; (4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari modal minimal, persepsi manfaat dan pengetahuan investasi secara bersama-sama terhadap minat berinvestasi saham syariah. Kata Kunci : Modal Minimal, Persepsi Manfaat, Pengetahuan Investasi, Minat Berinvestasi, Saham Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modal Minimal, Persepsi Manfaat, Pengetahuan Investasi, Minat Berinvestasi, Saham Syariah
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 339 Macroeconomics and related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Pawit Tazkiyatur Rizkiyah
Date Deposited: 16 Aug 2021 22:57
Last Modified: 16 Aug 2021 22:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10874

Actions (login required)

View Item View Item