NILAI-NILAI PENDIDIKAN AQIDAH DALAM TRADISI SEDEKAH BUMI DI DESA RUNGKANG KECAMATAN GANDRUNGMANGU KABUPATEN CILACAP

Indah, Istiqomah (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AQIDAH DALAM TRADISI SEDEKAH BUMI DI DESA RUNGKANG KECAMATAN GANDRUNGMANGU KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Indah Istiqomah_Nilai-nilai Pendidikan Aqidah Dalam Tradisi Sedekah Bumi di Desa Rungkang Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Nilai-nilai Pendidikan Aqidah dalam Tradisi Sedekah Bumi di Desa Rungkang Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap. Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi rendahnya minat generasi sekarang untuk ikut menjaga dan melestarikan tradisi yang sudah turun temurun. Selain itu, Tradisi Sedekah Bumi juga masih dianggap oleh sebagian orang sebagai tradisi yang melenceng dari ajaran Islam terutama aqidah Islam. Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu: 1. Bagaimana proses pelaksanaan Tradisi Sedekah Bumi di Desa Rungkang Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap? 2. Apa saja Nilai-nilai Pendidikan Aqidah dalam Tradisi Sedekah Bumi di Desa Rungkang Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap? Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui dan mendeskripsikan proses pelaksanaan Tradisi Sedekah Bumi di Desa Rungkang Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap. 2. Menjelaskan Nilai-nilai Pendidikan Aqidah dalam Tradisi Sedekah Bumi di Desa Rungkang Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar belakang penelitian di Desa Rungkang Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan dari hasil penelitian tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai-nilai Pendidikan Aqidah dalam Tradisi Sedekah Bumi di Desa Rungkang Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap yaitu terdiri dari nilai-nilai pendidikan Ilahiyyat yang terdapat dalam tradisi Sedekah Bumi meliputi do’a ketika menyembelih kambing, syahadat, makan bersama, gotong royong, semua do’a-do’a yang dipanjatkan kepada Allah SWT dan nasihat dari sesepuh/tetua desa. Sedangkan nilai-nilai pendidikan Nubuwat terdapat dalam lima tempat, yaitu tawasul kepada Rasulullah SAW, tawasul kepada Nabi Adam dan Siti Hawa, pembacaan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, dan pembacaan syahadat Rasul. Dan nilai-nilai pendidikan Ruhaniyat meliputi: tawasul kepada para malaikat, wali, dan para leluhur. Kata Kunci: Pendidikan Aqidah, Tradisi Sedekah Bumi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Aqidah, Tradisi Sedekah Bumi
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.1 Iman Kepada Allah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: INDAH ISTIQOMAH sdri
Date Deposited: 16 Aug 2021 05:56
Last Modified: 16 Aug 2021 05:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10865

Actions (login required)

View Item View Item