Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Menggunakan Media Pembelajaran Kartu Kalimat dan Kartu Paragraf pada Siswa Kelas III MI Muhammadiyah 01 Slinga Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016

Nurochmah, 1123306179 (2016) Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Menggunakan Media Pembelajaran Kartu Kalimat dan Kartu Paragraf pada Siswa Kelas III MI Muhammadiyah 01 Slinga Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BABV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text
NUROHMAH_PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca nyaring menggunakan media pembelajaran kartu kalimat dan kartu paragraf pada siswa kelas III MI Muhammadiyah 01 Slinga Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga semester I tahun pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mengungkap aktifitas siswa dan guru selama proses pembelajaran yang dianalisis dalam bentuk persentase. Sedangkan untuk mengungkap kemampuan membaca nyaring siswa digunakan tes formatif dan dianalisis secara persentase pula. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran kartu kalimat dan kartu paragraf dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas III MI Muhammadiyah 01 Slinga. Hal tersebut dapat dijelaskan bahwa data awal sebelum tindakan dari 21 siswa yang mencapai tuntas belajar baru 8 siswa atau 38% dengan nilai rata-rata 56,1. Setelah tindakan siklus I siswa yang tuntas belajar 13 siswa atau 61,9% dengan nilai rata-rata 66,1. Karena hasil siklus I belum mencapai indikator kinerja maka dilanjutkan pada siklus ke II dengan hasil dari 21 siswa yang mencapai tuntas belajar 19 siswa atau 90,4% dengan nilai rata-rata 72,3. Karena hasil siklus kedua sudah melebihi indikator kinerja maka penelitian dihentikan pada siklus II. Kata Kunci: Membaca Nyaring, Media Pembelajaran, Kartu Kata dan Kartu Kalimat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 09 Sep 2016 05:37
Last Modified: 09 Sep 2016 05:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1085

Actions (login required)

View Item View Item