PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS Al-QUR’AN DI TPQ RIYADLOTUL UQUL KELURAHAN SUMPIUH KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS

Hermanto, NIM: 1123301220 (2016) PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS Al-QUR’AN DI TPQ RIYADLOTUL UQUL KELURAHAN SUMPIUH KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (604kB) | Preview
[img] Text
HERMANTO_PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam sebagai pedoman hidup. Kita sebagai umat Islam harus bisa membacanya, tanpa Al-Qur’an manusia akan rugi baik di dunia maupun di akhirat. Latar belakang penelitian ini dilakukan berdasarkan bukti yang menunjukkan bahwa peserta didik di TPQ Riyadlotul Uqul Kelurahan sumpiuh mengalami kenaikan prestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Yanbu’a dalam pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an di TPQ Riyadlotul Uqul Kelurahan Sumpiuh Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas. Penelitian yang penulislakukanadalahpenelitianlapangan(field research) yang dalammengumpulkandatanyadilakukansecaralangsungdarilokasipenelitian. Data-data penelitian ini diperoleh langsung dari TPQ Riyadlotul Uqul Kelurahan Sumpiuh dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an di TPQ Riyadlotul Uqul Kelurahan Sumpiuh menggunakan Metode Yanbu’a dilaksanakan melalui dua langkah, yaitu: 1) persiapan, yang meliputi guru mempersiapkan alat peraga dan mengkondisikan peserta didik. b) proses penerapan Metode Yanbu’a yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan inti dalam penerapan Metode Yanbu’a menggunakan dua pola, yaitu pola pembelajaran klasikal (bandongan) untuk menyampaikan materi secara masal dan pola pembelajaran individual untuk kegiatan sorogan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Yanbu’a, pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 09 Sep 2016 00:22
Last Modified: 09 Sep 2016 00:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1081

Actions (login required)

View Item View Item