PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA LANCAR AKSARA JAWA MATERI POKOK SANDHANGAN PANYIGEG WANDA MELALUI MODEL WORD SQUARE SISWA KELAS V MI MA’ARIF NU 1 PEKUNCEN TAHUN PELAJARAN 2015/20196

AMI ZULAICHA SAPUTRI, 1123305123 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA LANCAR AKSARA JAWA MATERI POKOK SANDHANGAN PANYIGEG WANDA MELALUI MODEL WORD SQUARE SISWA KELAS V MI MA’ARIF NU 1 PEKUNCEN TAHUN PELAJARAN 2015/20196. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_ BAB I_BAB V_DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (710kB) | Preview
[img] Text
AMI ZULAICHA SAPUTRI_PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA LANCAR AKSARA JAWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Aksara Jawa merupakan salah satu materi muatan local dalam struktur kurkulum yang diajarkan disemua SD/MI di Jawa Tengah. Namun berdasarkandata observasi di kelas V MI Ma’arif NU 1 Pekuncen, ditemukanma salahbahwa siswa masih kesulitan membaca AksaraJawa. Guru sudah menggunakan model pembelajaran yang inovatif tetapi belum mengembangkannya secara maksimal,dan kurang memanfaatkan media untuk kegiatan pembelajaran. Dari segi siswa kurangny aminat, konsentrasi, danaktivitas siswa dalam pembelajaran serta siswa kurang menguasai materi pelajaran. Solusinyauntuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model Word Square. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu apakah model pembelajaranWord Square dapat meningkatkan keterampilan membaca lancer aksaraJawamateripokok Sandhangan Panyigeg Wanda siswakelas V MI Ma’arif NU 1 Pekuncen Tahun Pelajaran 2015/2016? Sedangkantujuanpenelitian yaitu meningkatkan keterampilan membaca lancer aksara Jawa materi pokok Sandhangan Panyigeg Wanda siswakelas V MI Ma’arif NU 1 Pekuncen TahunPelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan masing-masing siklus satu pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dansiswakelas V MI Ma’arif NU 1 pekuncen yang berjumlah 34 siswa.Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah tekniktes berupa tes unjuk kerja membaca lancer aksara Jawa dan teknik non tes berupa lembar pengamatan, wawancara, dan catatan lapangan. Analisis data yang di gunakan adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan membaca lancer aksara Jawamelalui model Word Square mengalami peningkatan .Ketuntasanhasil belajarklasikalsiklus I 55,88%, siklus II 70,59%, dan data siklus III meningkatmenjadi 82,35%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Word Square dapat meningkatkan keterampilan membaca lancer aksaraJawamateripokok SandhanganPanyigeg Wanda. Saran peneliti sebaiknya guru dapat mengembangkan penerapan model Word Square pada pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model Word Square, keterampilan membaca lancer, aksara Jawa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Reading
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 09 Sep 2016 00:18
Last Modified: 09 Sep 2016 00:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1080

Actions (login required)

View Item View Item