MANAJEMEN PEMASARAN SEKOLAH DALAM PENINGKATAN JUMLAH PESERTA DIDIK DI MI MA’ARIF NU BAJONG KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA

setiawan, prasojo (2021) MANAJEMEN PEMASARAN SEKOLAH DALAM PENINGKATAN JUMLAH PESERTA DIDIK DI MI MA’ARIF NU BAJONG KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Setiawan Dwi Prasojo_Manajemen Pemasaran Sekolah Dalam Peningkatan jumlah peserta didik di MI Ma'arif NU Bajong.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam manajemen pendidikan, manajemen pemasaran pendidikan juga salah satu komponen yang berpengaruh besar dan penting terhadap keberlangsungan proses pendidikan. Pemasaran pedidikan adalah proses manajemen yang bertujuan untuk melakukan identifikasi dan memberikan kepuasan serta mempromosikan misi-misi sekolah kepada masyarakat. Sering kita jumpai berbagai macam iklan pemasaran mengenai suatu lembaga pendidikan tersebut. Pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan mereka inginkan lewat pencitraan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas mengenai keunggulan suatu lembaga pendidikan dengan harapan dapat memperoleh jumlah peserta didik secara maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif-kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di MI Ma‟arif NU Bajong. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan ketua penerimaan peserta didik baru. Objek penelitian adalah manajemen pemasaran sekolah dalam peningkatan jumlah peserta didik baru. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan dari penulis adalah mendeskripsikan bagaimana manajemen pemasaran sekolah dalam peningkatan jumlah peserta didik di MI Ma‟arif NU Bajong. Hasil penelitian menunjukan bahwa MI Ma‟arif NU Bajong meliputi perencanaan pemasaran yang dilakukan identifikasi pasar, segmen pasar, dan diferensiasi pasar, pengorganisasian, pergerakan/pelaksanaan menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) yang meliputi product (produk), price (harga), place (lokasi/tempat), promotion (promosi), people (SDM), physical evidence (bukti fisik), dan process (proses) yang terakhir yaitu pengawasan, pengawasan dilakukan untuk mengetahui keberhasilan kegiatan manajemen pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pemasaran Sekolah, MI Ma’arif NU Bajong
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
400 Language > 406 Organizations and management
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Setiawan Dwi Prakoso
Date Deposited: 12 Aug 2021 23:22
Last Modified: 12 Aug 2021 23:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10793

Actions (login required)

View Item View Item