IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MI MUHAMMADIYAH KALIPETUNG KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS

Indah, Febri Lestari (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MI MUHAMMADIYAH KALIPETUNG KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Indah Febri Lestari_1717405056_Skripsi_Full.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran bukan hanya sekedar menghafal dan mengingat materi saja, peserta didik seharusnya lebih ditekankan untuk memahami materi tersebut dengan terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran. Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat membantu guru untuk mengaitkan antara materi yang disampaikan dengan situasi dalam kehidupan nyata peserta didik. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran tematik. Peneliti menggunakan jenis penelitian riset lapangan atau field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti mengamati, menggambarkan, serta menceritakan seluruh rangkaian dari proses kegiatan pembelajaran yang berlangsung dan kondisi sosial yang terdapat di MI Muhammadiyah Kalipetung. Mulai dari tempat sampai dengan implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran tematik kelas V MI Muhammadiyah Kalipetung Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas. Hasil penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran tematik kelas V MI Muhammadiyah Kalipetung telah menerapkan tujuh komponen utama pembelajaran efektif yang terdapat pada pembelajaran CTL melalui tiga tahap, yaitu tahap perencanaan pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran, dan tahap evaluasi pembelajaran. Adapun tujuh komponen tersebut terdiri dari konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, permodelan, refleksi, dan penilaian sebenarnya. Faktor pendukung yaitu karena materi yang disampaikan menarik, materi yang relevan dengan pengalaman peserta didik, serta sumber pembelajaran yang mendukung. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat yaitu karena peserta didik kurang semangat belajar, tidak berani mengungkapkan pendapat, serta lebih memilih untuk menjadi pendengar. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Pembelajaran Tematik, Kelas V MI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Pembelajaran Tematik, Kelas V MI
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Febri Lestari
Date Deposited: 12 Aug 2021 08:02
Last Modified: 12 Aug 2021 08:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10781

Actions (login required)

View Item View Item