STRATEGI BERTAHAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI DESA JEJEG, KECAMATAN BUMIJAWA, KABUPATEN TEGAL)

Azky, Afidah (2021) STRATEGI BERTAHAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI DESA JEJEG, KECAMATAN BUMIJAWA, KABUPATEN TEGAL). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AZKY AFIDAH_STRATEGI BERTAHAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DI MASA PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS DI DESA JEJEG KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pasar Jejeg merupakan pasar tradisional yang terletak di Desa Jejeg, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Pasar Jejeg selalu ramai setiap harinya oleh pembeli, namun karena kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini berdampak pada kegiatan ekonomi di pasar Jejeg. Pembeli mayoritas berkurang karena takut tertular virus Covid-19. Hal ini berakibat pada menurunnya jumlah pendapatan para pedagang. Untuk itu agar bisa bertahan di masa pandemi covid-19, para pedagang melakukan strategi bertahan agar bisa tetap menghasilkan pendapatan.Tujuan kegiatan penelitian ini untuk mengetahui strategi pedagang pasar Jejeg untuk bertahan di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu analisis sebelum dilapangan dan analisis data dilapangan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga jenis strategi bertahan yang telah dilakukan, yaitu: 1) Strategi aktif, dengan meningkatkan kualitas barang dan pelayanan, adanya anggota keluarga yang ikut membantu bekerja, serta penambahan jam kerja, 2) Strategi pasif, yaitu dengan mengurangi persediaan barang dagangan, mengurangi jumlah karyawan, 3) Strategi jaringan, dengan menjalin hubungan yang baik dengan pembeli, menitipkan barang dagangan di warung-warung terdekat, serta melakukan bisnis online sampingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pedagang, Strategi Bertahan, Pasar Tradisional, Pandemi Covid-19
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.5 Manajemen Produksi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Azky Afidah sdri
Date Deposited: 12 Aug 2021 04:55
Last Modified: 12 Aug 2021 04:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10752

Actions (login required)

View Item View Item