ANALISIS PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PERBANKAN SYARIAH BERDASARKAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING INDEKS (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2017-2019)

Savitri, Devi Aryani (2021) ANALISIS PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PERBANKAN SYARIAH BERDASARKAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING INDEKS (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2017-2019). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Savitri Devi Aryani_Analisis Pengungkapan Corporate Social Responsibility Perbankan Syariah Berdasarkan Islamic Social Reporting Indeks (Studi Kasus Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2017-2019).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan industri saat ini terbilang cukup pesat, bukan hanya industri yang bergerak dibidang barang, namun juga dalam bentuk jasa. Salah satunya adalah lembaga keuangan syariah. Perkembangan jaman yang membawa kemajuan pesat dalam dunia industri ini menyebabkan meningkatnya kemampuan perusahaan dalam mengeksplorasi alam. Oleh karena itu, kebijakan pemerintah terkait tanggung jawab sosial perusahaan sangatlah diperlukan guna mengontrol setiap perilaku serta tindakan perusahaan. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui tingkat pengungkapan Corporate Social Responsibility Bank Umum Syariah (BUS) dengan menggunakan Islamic Social Reporting Index (ISR). Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif. Dengan objek penelitian yaitu Bank Muamalat Indoneisa (BMI), Bank Syariah Mandiri (BSM), BRI Syariah dan BNI Syariah. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode angka indeks. Data yang digunakan yaitu data sekunder berupa laporan tahunan 2017-2019 yang diperoleh dari website resmi masing-masing bank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengungkapan Corporate Social Responsibility berdasarkan Islamic Social Reporting Indeks pada Bank Umum Syariah periode 2017-2019 pada indikator pendanaan dan investasi yang memiliki skor tertinggi adalah Bank Muamalat Indonesia sedangkan skor terendah pada BRI Syariah. Pada indikator produk dan jasa, Bank Muamalat Indonesia mendapatkan skor terendah sedangkan bank yang lainnya memiliki skor yang sama. Pada indikator karyawan Bank Syariah Mandiri memiliki skor tinggi dan BRI Syariah memiliki skor terendah. Pada indikator masyarakat, BRI Syariah mendapat skor tertinggi dan Bank Muamalat memiliki skor terendah. Pada indikator lingkungan, BNI Syariah memiliki skor tertinggi dan Bank Syariah Mandiri memiliki skor terendah. Pada indikator terakhir yaitu tata kelola perusahaan, Bank Muamalat dan Bank BNI mendapat skor tertinggi sedangkan terendah terdapat pada BRI Syariah. Kata kunci : Pengungkapan, Corporate Social Responsibility, Bank Syariah, Islamic Social Reporting Indeks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan, Corporate Social Responsibility, Bank Syariah, Islamic Social Reporting Indeks
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Savitri Devi Aryani
Date Deposited: 12 Aug 2021 02:26
Last Modified: 12 Aug 2021 02:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10749

Actions (login required)

View Item View Item