INTERNALISASI NILAI SPIRITUAL DALAM BUKU 99 KISAH INSPIRATIF ASMAUL HUSNA KARYA NANCY RONANCY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN USIA MI/SD

Budy, Setyawan (2021) INTERNALISASI NILAI SPIRITUAL DALAM BUKU 99 KISAH INSPIRATIF ASMAUL HUSNA KARYA NANCY RONANCY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN USIA MI/SD. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Budy Setyawan_Internalisasi Nilai Spiritual Dalam Buku Motivasi 99 Kisah Inspiratif Asmaul Husna Karya Nancy Ronancy Sebagai Media Pembelajaran Usia MI-1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nilai spiritual merupakan komponen penting yang harus ada dalam pendidikan, nilai spiritual merupakan nilai yang bersentuhan langsung antara jiwa manusia dengan Tuhannnya. Namun kita ketahui bersama bahwa nilai spiritual dalam kehidupan masyarakat cenderung terkikis karena berbagai faktor. Krisisnya nilai spiritual ini tentu harus lebih ditekaknkan dengan melakukan internalisasi melalui berbagai media dalam pendidikan. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yakni mengapa internalisasi nilai spiritual dengan media atau buku relevan untuk digunakan sebagai media pembelajaran? Dalam hal ini dengan buku 99 kisah inspieatif asmaul husna karya Nancy Ronancy. Penelitian ini termasuk pada penelitian pustaka atau literer yang bersifat kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode content analysis, penelitian ini dilaksanakan dengan menganalisis isi buku kemudian memunculkan data yang bersifat deskriptif dan diakhiri dengan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan adanya relevansi buku motivasin99 kisah inspiratif asmaul husna untuk digunakan sebagai media pembelajaran, karena hasil analisis menunjukkan adanya nilai spiritual yang sesuai dengan psikologi perkembangan anak usia sekolah dasar yang tertulis melalui kisah inspiratif. Kisah-kiaah dalam buku tersebut jelas mencerminkan adanya nilai spiritual yang sesuai dengan psikologi perkembangan anak dengan menunjukkan adanya perkembangam moral, psikososial, kognitif, dan lainnya yang ditunjukkan adanya sikap anak-anak yang patuh terhadap aturan, menghindari hukuman, berusaha memiliki peran sosial, serta menjaga stabilitas emosi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai Spiritual, Buku Inspiratif
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: BUDY SETYAWAN sdr
Date Deposited: 09 Aug 2021 23:01
Last Modified: 09 Aug 2021 23:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10725

Actions (login required)

View Item View Item