PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA USIA DINI MENGGUNAKAN BAHAN BEKAS DI BA NURANI AISYIYAH REJASARI KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS

Mulyati, mulyati (2021) PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA USIA DINI MENGGUNAKAN BAHAN BEKAS DI BA NURANI AISYIYAH REJASARI KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
MULYATI_PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kreativitas merupakan suatu proses mental individu yang mealhirkan gagasan, proses, metode ataupun produk baru yang efektif yang bersifat imajinatif, estestis, fleksibel, integrasi, sukesi, diskontunitas dan diferensiasi yang berdaya guna dalam berbagai bidang untuk pemecahan masalah. Anak usia dini merupakan anak yang berada pada rentang usia 0 - 8 tahun. pada masa tersebut pertumbuhan dan perkembangan berbagai aspek dalam rentang kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam pengembagan kreativitas anak usia dini di BA Nurani Aisyiyah Rejasari Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( Field Research ) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada analisis data kualitatif adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa peran guru dalam pengembangan kreativitas anak usia dini menggunakan bahan bekas di BA Nurani Aisyiyah Rejasari yaitu dengan memberikan nasihat, sebagai pendidik dan pengajar, sebagai fasilitator, moderator dan sumber belajar, sebagai teladan dan pemberi contoh serta pembimbing dalam pengembagan sikap dan nilai. peran guru hasil pengembangan kreativitas menggunakan bahan bekas melalui kegiatan bermain, mendongeng dan menggambar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kreativitas, Bahan Bekas dan Anak Usia Dini
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: MULYATI MULYATI sdri
Date Deposited: 09 Aug 2021 22:47
Last Modified: 09 Aug 2021 22:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10711

Actions (login required)

View Item View Item