PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Amran Khusaini, 102335089 (2016) PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text
Amran Khusaini_PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satumatapelajaran yang dipelajari di sekolahdasaradalahmatapelajaranmatematika.Matematikamerupakanilmu universal yang mendasariperkembanganteknologi modern, mempunyaiperanpentingdalamberbagaidisiplindanmemajukandayapikirmanusia. Perkembanganpesat di bidangteknologiinformasidankomunikasidewasainidilandasiolehperkembanganmatematika.Untukitulahmatapelajaranmatematikaperludiberikansejakdinikepadapesertadidik, agar merekadapatmemilikikemampuanmemperoleh, mengelola, danmemanfaatkaninformasiuntukbertahanhiduppadakeadaan yang selaluberubah, tidakpasti, dankompetitif. Guru diharapkanmemilikipengetahuandankemampuandalammemilih metodedanmenerapkanberbagai media pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran matematika. Mata Pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang wajib di pelajari oleh siswa siswi MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor. Bagaimana pembelajaran matematika di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yaitusuatustudiempirisdengancaraterjunlangsungdilokasipenelitianterhadapfenomena-fenomena yang terjadi. Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif-kualitatif. Penelitiankualitatifbertujuanuntukmemahamikejadian yang dialamiolehsubjekpenelitiansepertiperilakudengancaradeskripsidalambentuk kata-kata danbahasa, padasuatukontekskhusus yang alamiahdandenganmemanfaatkanberbagaimetodeilmiah. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode yaitu pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikankesimpulan. Hasil dari penelitian Pembelajaran Matematika Kelas V di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor inimenggunakan media yang sederhanasepertipapantulis, dan kertas manila. Materi yang menggunakankurikulum KTSP disesuaikandenganjenjang kelas.Materi yang disampaikanmenggunakanmetode yang disesuaikandengankarakteristikpesertadidikantara lain metodeceramah, metodetanyajawab, metodepenampilan, metodedemonstrasi, metodetugasmandiri, dan metodededuktif. Evaluasi yang digunakandalampembelajaranmatematikaantara lain menggunakanevaluasiformatifdenganbentukistrumenteslisan, testertulis, saolisaidanmenggunakanevalusisumatifyaituujiansetiap semester. Kata Kunci :Pembelajaran, Matematika, MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 08 Sep 2016 04:22
Last Modified: 08 Sep 2016 04:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1070

Actions (login required)

View Item View Item