MODEL BELAJAR BAHASA ARAB DI MASA PANDEMI PADA KOMUNITAS TAHTA SYAJARAH IAIN PURWOKERTO

Dina, Sofyan Oktaviani (2021) MODEL BELAJAR BAHASA ARAB DI MASA PANDEMI PADA KOMUNITAS TAHTA SYAJARAH IAIN PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DINA SOFYAN OKTAVIANI_MODEL BELAJAR BAHASA ARAB DI MASA PANDEMI PADA KOMUNITAS TAHTA SYAJARAH IAIN PURWOKERTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Model Belajar adalah suatu rangkaian proses belajar mengajar dari awal hingga akhir, yang melibatkan bagaimana aktivitas guru dan siswa, dalam desain belajar tertentu dengan menggunakan bantuan bahan ajar khusus, serta bagaimana interaksi antara guru siswa bahan ajar yang terjadi untuk mencapai tujuan belajar dengan baik dan maksimal. Melihat fenomena pada saat ini, wabah penyakit Covid-19 menyebar ke berbagai penjuru dunia termasuk negara kita Indonesia. Dan beberapa sektor yang mengalami dampak dari wabah tersebut salah satunya pendidikan. Terutama dalam belajar bahasa arab yang seharusnya dipelajari secara langsung. Permasalahan ini membutuhkan peran guru, orang tua dan juga siswa agar dapat tetap melaksanakan belajar dari jarak jauh dan diharapkan dengan adanya penerapan belajar secara daring dapat memberikan kemudahan dalam proses belajar karena bersifat fleksibel. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana model belajar bahasa arab di masa pandemi pada komunitas tahta syajarah IAIN Purwokerto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan model belajar bahasa Arab di masa pandemi pada komunitas tahta syajarah IAIN Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Subyek penelitiannya adalah ketua, pengurus dan anggota komunitas tahta syajarah. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model belajar bahasa arab di masa pandemi pada komunitas tahta syajarah, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbahasa arab sudah diterapkan dengan baik dan dapat mempermudah dalam proses belajar bahasa Arab. Yaitu sebagai berikut : Dalam belajar di masa pandemi menggunakan model belajar Daring (dalam jaringan atau online) melalui aplikasi WhatsApp Group, Zoom, Youtube. Dalam pelatihan belajar sepakat menggunakan metode pemberian tugas setiap materi belajar yang sudah dibagikan guna memaksimalkan belajar dengan membuat anggota Komunitas Tahta Syajarah tetap aktif dan responsif dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Belajar Bahasa Arab Pandemi Komunitas Tahta Syajarah
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dina Sofyan Oktaviani sdr
Date Deposited: 08 Aug 2021 04:51
Last Modified: 08 Aug 2021 04:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10695

Actions (login required)

View Item View Item