APLIKASI KEMASLAHATAN UNTUK RAKYAT MADANI (i-KURMA) DALAM PEMBIAYAAN BANK SYARIAH INDONESIA KC PURWOKERTO KARANGKOBAR BANYUMAS

Estri, Isnaena (2021) APLIKASI KEMASLAHATAN UNTUK RAKYAT MADANI (i-KURMA) DALAM PEMBIAYAAN BANK SYARIAH INDONESIA KC PURWOKERTO KARANGKOBAR BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
APLIKASI KEMASLAHATAN UNTUK RAKYAT MADANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1...

Abstract

i-Kurma merupakan aplikasi internal yang dimiliki atau digunakan oleh tenaga pemasar/ Acount Officer, Unit Head, Branch Operation Supervision dan Branch Manajer Pimpinan Cabang Bank Syariah Indonesia KC Purwokerto Karangkobar Banyumas. Aplikasi ini digunakan untuk mempercepat pemrosesan pengajuan pembiayaan baik mikro maupun makro. Implementasi Aplikasi i�Kurma dalam Pembiayaan Bank Syariah Indonesia KC Purwokerto Karangkobar Banyumas menggunakan 3 jenis aplikasi i-Kurma yaitu i-Kurma untuk platform pengajuan pembiayaan <200jt & i-Kurma Konsumer dalam pengajuan permohonan pembiayaan >200jt yang digunakan oleh tenaga pemasar/ Acount Officer untuk menginput data nasabah dan menganalisis kelayakan pembiayaan.Kemudian i-Kurma pemutus yang digunakan Unit Head, Branch Operation Supervision dan Branch Manajer dalam putusan pembiayaan.Implementasi teknologi finansial yaitu i-Kurma dalam lembaga perbankan syariah memberikan terobosan dalam layanan pembiayaan perbankan yang lebih cepat, mudah, dan aman sehingga seluruh nasabah dapat mendapatkan pelayanan terbaik dan lebih efisien bagi sumber daya operasional. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi aplikasi i-Kurma dalam proses pembiayaan di Bank Syariah Indonesia KC Purwokerto Karangkobar yang memepercepat proses pengajuan pembiayaan serta putusan pembiayaan dan untuk menganalisa penerapan aplikasi i-Kurma melalui analisis SWOT.Metodologi penelitian dalam penyusunan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan analisis SWOT untuk menilai kualitas implementasi aplikasi i-Kurma, sehingga diharapakan mampu meminimalisasi kelemahan yang terdapat dalam suatu lembaga perbankan serta menekan dampak ancaman yang timbul dan harus dihadapi. Sedangkan pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Dapat disimpulkan aplikasi i-Kurma telah membantu Bank Syariah Indonesia KC Purwokerto Karangkobar Banyumas dalam kecepatan dan akurasi dalam memproses data nasabah dalam pembiayaan. Berdasarkan analisis SWOT pada pembiayaan pada perbankan syariah diketahui bahwa perkembangan product development semakin baik, dimana financial technology akan selalu dapat mengikuti perkembangan yang ada dan mudah untuk disesuaikan, sesuai dengan perkembangan kebutuhan nasabah dan sumber daya operasional bank. Kata Kunci : finansial teknologi,pembiayan bank syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: finansial teknologi,pembiayan bank syariah
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.2 Lembaga Perbankan Khusus
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Estri Isnaena sdri
Date Deposited: 08 Aug 2021 04:48
Last Modified: 08 Aug 2021 04:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10691

Actions (login required)

View Item View Item