PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING MAHARAH KITABAH DI MAN 2 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

RIZQIKA, ANGGIANA (2021) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING MAHARAH KITABAH DI MAN 2 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
RIZQIKA ANGGIANA_PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING MAHARAH KITABAH DI MAN 2 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2020-2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kondisi darurat yang ditetapkan pada saat pandemi Covid mengharuskan untuk menjaga jarak fisik dan dilarang untuk mengadakan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan, namun kegiatan pembelajaran tidak bisa dihentikan, maka dilakukanlah pembelajaran daring sebagai solusi bagi terlaksananya pendidikan ditengah pandemi Covid-19 yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran daring maharah kitabah di kelas X MAN 2 Banjarnegara. Penelitian ini dilatarbelakangi dari beberapa masalah yang muncul pada saat pembelajaran daring berlangsung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang mana teknik pengumpulan datanya menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, guru bahasa Arab kelas X, dan peserta didik kelas X MAN 2 Banjarnegara. Penelitian menunjukkan terdapat sebagian peserta didik yang mengalami permasalahan dalam pembalajaran maharah kitabah secara daring. Problematika yang dialami peserta didik berupa problematika pembelajaran daring sendiri seperti masalah yang terkait dengan kuota internet dan sinyal yang terbatas dan problematika pembelajaran maharah kitabah yang terdiri dari problematika lingusitik dan non-linguistic. Problematika linguistik yang ditemukan berupa permasalahan terkait dengan tulisan, kosa kata, tata kalimat dan tata bunyi. Kemudian problematika non-linguistik yang ditemukan berupa faktor sosio-kultural dan faktor lingkungan-sosial. Adapun ditemukan beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran daring maharah kitabah melalui aplikasi Whatsapp dan Google Classroom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kitabah
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing systems
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rizqika Anggiana sdr
Date Deposited: 08 Aug 2021 00:23
Last Modified: 08 Aug 2021 00:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10669

Actions (login required)

View Item View Item