PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 KELAS V DI SD NEGERI 01 DAN 02 BOBOSAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS

Atikah, Rakhmah (2021) PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 KELAS V DI SD NEGERI 01 DAN 02 BOBOSAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I-BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ATIKAH RAKHMAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penilaian autentik pada pembelajaran tematik di kelas V merupakan penilaian yang dilakukan pada pembelajaran tematik di lembaga sekolah yang telah menggunakan kurikulum 2013 pada proses pembelajaran dan penilaian dalam pembelajaran tematik tersebut. Penilaian autentik memiliki fokus yang tinggi terhadap tiga ranah, yaitu ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik. Dalam melaksanakan penilaian di masing-masing ranah, penilaian autentik memiliki teknik dan instrumen yang dapat dipilih dan digunakan oleh guru dalam menilai hasil pembelajaran yang dilaksanakan. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan atau pengimplementasian secara khusus mendeskripiskan teknik dan instrumen penilaian autentik yang digunakan oleh guru penilaian autentik di kelas V di SD Negeri 01 dan 02 Bobosan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah guru kelas V di SD Negeri 01 dan 02 Bobosan, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknis analisis model Miles Huberman yang terdiri dari tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian autentik pada pembelajaran tematik kelas V di SD Negeri 01 dan 02 Bobosan Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas meliputi tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi atau penilaian. Pada tahap perencanaan di kedua sekolah sudah sesuai dengan standar kurikulum 2013. Pada tahap pelaksanaan tidak sepenuhnya sama persis yang mengacu dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Guru melaksanakan penilaian autentik pada pembelajaran tematik yang meliputi penilaian kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan di SD Negeri 01 dan 02 Bobosan Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas. Penilaian kompetensi sikap dikedua sekolah sama-sama menggunakan teknik observasi. Penilaian kompetensi pengetahuan di SD Negeri 01 dilaksanakan melalui teknik tes tertulis, tes lisan dan penugasan. Sedangkan di SD Negeri 02 dilaksanakan melalui teknik tes tertulis dan penugasan. Penilaian kompetensi keterampilan dikedua sekolah dilaksanakan melalui teknik penilaian portofolio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penilaian autentik, Pembelajaran tematik.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Atikah Rakhmah
Date Deposited: 07 Aug 2021 23:54
Last Modified: 07 Aug 2021 23:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10660

Actions (login required)

View Item View Item