PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BAGI MAHASISWA PAI ANGKATAN 2017 DI FTIK IAIN PURWOKERTO

Rara, Auliya (2021) PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BAGI MAHASISWA PAI ANGKATAN 2017 DI FTIK IAIN PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
RARA WENING AULIYA_1717402083.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan mengupayakan mahasiswanya untuk memiliki pemahaman dan kesadaran mengenai keberagaman etnis, suku, bahasa dan budaya di Indonesia, sehingga mahasiswa Pendidikan Agama Islam sebagai calon guru Pendidikan agama Islam tidak hanya transfer of knowledge, how to be, harus diarahkan kepada to live togeher, yakni mahasiswa mampu hidup bersama orang lain yang berbeda etnis, budaya dan agama. Sebagai calon guru agama, mahasiswa PAI perlu memahami pendidikan multikultural karena: mahasiswa PAI sebagai calon guru agama yang kemungkinan juga mengajar di sekolah umum, mahasiswa PAI berasal dari laterbelakang yang berbeda, mahasiswa PAI perlu memahami dan menyadari bahwa bangsa Indonesia kaya akan keberagaman. Untuk itu penulis merumuskan bagaimana implementasi nilai- nilai pendidikan multikultural bagi mahasiswa PAI angkatan 2017. Kemudian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan multikultural bagi mahasiswa PAI angkatan 2017. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini berupaya melihat entitas apa adanya sesuai settingnya namun kemudian berupaya melakukan interpretasi atau membuatnya bisa dipahami secara lebih baik. Sebagai penelitian kualitatif, penelitian ini tidak mengolah data parametric. Jika pun ada data numeric, data tersebut hanya bersifat statistic, demografis, maupun survey sederhana. Akan tetapi penelitian ini akan mengandalkan kedalaman data yang ditempuh melalui prosedur kualitatif, terutama melalui teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural bagi mahasiswa PAI Angkatan 2017, yakni: nilai kemanusiaan, suasana pembelajaran yang nyaman; 56,1% sering, memberikan materi; 74,6% selalu, berdiskusi; 74,6% selalu, saling menasehati; 49,1% selalu, menjaga silaturahmi; 57,9%, tidak mencari keburukan orang lain; 47,4% selalu, mengintegrasikan berbagai budaya dan kelompok untuk mengilustrasikan konsep mendasar dalam disiplin ilmu; 52,6% sering,memahami implikasi budaya dan sejarah sebuah masyarakat ke dalam disiplin ilmu; 47,4% sering, paedagogik kesetaraan manusia; 47,4% sering, mengurangi prasangka; 50% selalu, pemahaman dan sikap toleransi; 68,4% selalu, empati; 52,6% selalu, simpati; 53,5% selalu, solidaritas; 55,3% selalu, demokratis; 44,7% sering, pluralisme terhadap keberagaman dalam masyarakat; 49,1% sering, kesetaraan; 52,6% selalu, kebersamaan; 56,1% selalu, kasih sayang; 55,3% selalu, tolong-menolong; 56,1% selalu, kedamaian; 55,3% selalu, keberagaman; 55,5% selalu, harmoni; 51,8% selalu, musyawarah; 55,3% selalu, lapang dada; 49,1% selalu, apresiasi terhadap realitas budaya di masyarakat; 45,6% selalu, sadar dan tanggung jawab dari dan ke masyarakat; 47,4% sering, serta terhadap alam semesta; 48,2% sering.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai, pendidikan, multikultural, PAI.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rara Wening Auliya sdr
Date Deposited: 07 Aug 2021 23:40
Last Modified: 07 Aug 2021 23:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10650

Actions (login required)

View Item View Item