PROBLEMATIKA SISWA DALAM MENERJEMAHKAN BAHASA ARAB KE DALAM BAHASA INDONESIA DAN ALTERNATIF SOLUSINYA DI SMP MA’ARIF NU 1 KEMRANJEN BANYUMAS

Nila Khoiru Nailin, NIM. 102332045 (2015) PROBLEMATIKA SISWA DALAM MENERJEMAHKAN BAHASA ARAB KE DALAM BAHASA INDONESIA DAN ALTERNATIF SOLUSINYA DI SMP MA’ARIF NU 1 KEMRANJEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (910kB) | Preview
[img] Text
Nila Khoiru Nailin_PROBLEMATIKA SISWA DALAM MENERJEMAHKAN BAHASA ARAB KE DALAM BAHASA INDONESIA DAN ALTERNATIF SOLUSINYA DI SMP MA’ARIF NU 1 KEMRANJEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Problematika penerjemahan adalah merupakan suatu masalah yang menghambat terapainya suatu tujuan dari pembelajaran. Problematika penerjemahan yang terjadi dalam pembelajaran bahasa Arab sangat bermacammacam diantaranya prbolematika linguistik dan non linguistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana problematika penerjemahan bahasa Arab yang terjadi dan alternatif solusi yang telah dilakukan untuk mengatasinya di SMP Ma’arif NU 1 Kemranjen. Penelitian yang dilakukan di SMP Ma’arif NU 1 Kemranjen. Subyek penelitian adalah siswa-siswi SMP Ma’arif NU, guru mata pelajaran rumpun bahasa Arab. Sedangkan objek penelitian problematika penerjemahan bahasa Arab kedalam bahasa indonesia di SMP Ma’arif NU 1. Metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data yang penulis lakukan, maka dapat penulis simpulkan bahwa ada beberapa Problematika penerjemahan bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia dan alternatif solusinya di SMP Ma’arif NU 1 Kemranjen yaitu: 1). Kurangnya penguasaan kosa kata bahasa Arab (Mufradat). Solusinya belajar melafalkan kosa kata berulang-ulang, menghafalkan kosa kata dengan lagu-lagu atau dengan melihat kosa kata yang ada pada gambar. 2). Belum memahami kedudukan kalimat bahasa Arab (Qawa’id) Solusinya sering membaca buku buku yang berkatan denga kaidah-kaidah nahwu dan sharf, dan aktif bertanya pada guru ketika belum paham. 3). Kesulitan penguasaan konteks. Solusinya mencari kosa kata yang belum ada artinya pada teks bacaan di kamus dengan panduan guru. Kata kunci: Problematika, Penerjemahan, Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 08 Sep 2016 02:51
Last Modified: 08 Sep 2016 02:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1065

Actions (login required)

View Item View Item