ANALISIS EFISIENSI BANK UMUM SYARIAH (BUS) DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) PERIODE 2017-2019

Ayu, Safitri (2021) ANALISIS EFISIENSI BANK UMUM SYARIAH (BUS) DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) PERIODE 2017-2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AYU SAFITRI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK AYU SAFITRI.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perkembangan Bank Umum Syariah di Indonesia yang semakin bertambah akan memungkinkan semakin bertambah pula permasalahan yang dihadapi. Inti dari permasalahan tersebut terletak pada sistem operasional dan struktur perbankan yang efisien, karena baik buruknya perbankan dilihat dari kebijakan operasionalnya yang efisien. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efisiensi Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia dengan menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) periode 2017-2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 14 bank umum syariah di Indonesia. Sample yang digunakan adalah Bank Aceh Syariah, Bank Muamalat Indonesia, Bank Victoria Syariah, Bank Panin Dubai Syariah, Bank Syariah Bukopin, BCA Syariah dan BTPN Syariah. Metode penelitian yang digunakan yaitu Data Envelopment Analysis (DEA). Suatu bank umum syariah dikatakan efisien jika memiliki nilai efisiensi 1 dan semakin tidak efisien jika mendekati 0. Hasil analisis dengan menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA) menunjukkan bahwa hanya ada dua bank yang efisien selama periode 2017-2019, yaitu Bank Victoria Syariah dan Bank Syariah Bukopin. Sedangkan lima bank lainnya belum sepenuhnya efisien. Rata-rata nilai efisiensi bank-bank sampel selama periode penelitian yaitu tidak efisien. Kata Kunci: Bank Umum Syariah, Efisiensi, Data Envelopment Analysis (DEA)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bank Umum Syariah, Efisiensi, Data Envelopment Analysis (DEA)
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ayu Safitri
Date Deposited: 05 Aug 2021 10:35
Last Modified: 05 Aug 2021 10:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10644

Actions (login required)

View Item View Item