PERAN GURU KELAS I DALAM PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MA’ARIF NU BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Belita, Yoan Intania (2021) PERAN GURU KELAS I DALAM PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MA’ARIF NU BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI REVISIAN BELITA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peran guru kelas I dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di MI Ma’arif NU Beji, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Sebagai seorang pendidik guru harus mampu berperan ganda. Peran ganda dapat diwujudkan dengan menyesuaikan situasi dan kondisi yang dihadapi oleh guru. Guru berperan penting untuk menentukan kuantitas dan kualitas peserta didik. Karena peserta didik akan selalu dihadapkan dengan kebutuhan masalah dan dalam prosesnya akan kembali pada gurunya. Pokok masalah dari penelitian ini adalah pada masa pandemi Covid-19 guru memiliki peran yang penting pada pembelajaran daring. Karena pembelajaran daring hanya dapat dilakukan melalui virtual dan jarak jauh, terlebih pada kelas rendah akan selalu dihadapkan dengan kesulitan belajar baik dari orang tua yang terkendala bekerja, jaringan yang sulit terkoneksi, peserta didik yang lebih memilih bermain dari pada belajar, hal tersebut menyebabkan pembelajaran daring tidak berjalan secara efektif sesuai yang diharapkan. Maka dari itu, guru dituntut harus mampu mengembangkan bahan ajar dengan baik, meningkatkan peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran guru kelas I dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di MI Ma’arif NU Beji. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas I. Peran guru kelas I dalam belajar pada masa pandemi Covid-19 merupakan objek penelitian ini. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi secara online, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, analisis dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, verivikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru kelas I dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di MI Ma’arif NU Beji bahwa sudah melaksanakan perannya sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih, model dan teladan, evaluator, pengadministrasian, motivator. Kata kunci : peran guru kelas I, belajar, pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peran guru kelas I, belajar, pandemi Covid-19
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Belita Yoan Intania
Date Deposited: 07 Aug 2021 23:34
Last Modified: 07 Aug 2021 23:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10638

Actions (login required)

View Item View Item