KETERAMPILAN GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI MAARIF NU KALISARI

Zahrotul, Lu'lu'ul Maknunah (2021) KETERAMPILAN GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI MAARIF NU KALISARI. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Keterampilan Guru dalam Mengadakan Variasi pada Pembelajaran Matematika Kelas 4 MIMANUKA, SKRIPSI, ZAHROTUL LU'LU'UL MAKNUNAH .pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Keterampilan dasar mengajar merupakan suatu keterampilan yang harus dikuasai oleh guru agar dapat mengelola pembelajaran dengan efektif dan efisien. Keterampilan mengadakan variasi merupakan salah satu aspek yang penting untuk dimiliki guru dalam mengimplementasikan pembelajaran. Keterampilan mengadakan variasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan guru dalam proses interaksi pembelajaran yang bertujuan untuk mengatasi kebosanan dan kejenuhan siswa, dan untuk meningkatkan motivasi serta meningkatkan keaktifan siswa serta tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variasi gaya mengajar, variasi penggunaan media dan alat pembelajaran, serta variasi pola interaksi dan aktivitas atau kegiatan siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV MI Maarif NU Kalisari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah MI Maarif NU Kalisari diperoleh dari Guru Kelas IV, siswa Kelas IV , dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Milles dan Hubberman yang mencakup: pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan keterampian guru dalam mengadakan variasi pada pembelajaran matematika, yaitu: 1) Variasi gaya mengajar yang meliputi variasi suara yang meliputi penekanan kata penting, pemusatan perhatian dengan lisan dan isyarat, membuat kesenyapan sejenak, mengadakan kontak pandang, variasi gerak badan dan mimik melalui gerakan tangan saat menulis, gerakan kepala, dan mengubah posisi dengan bergerak berjalan ke seluruh ruangan dan mendekati siswa yang mengalami kesulitan. 2) Variasi penggunaan media dan bahan pelajaran melalui variasi media seperti media visual berupa gambar, modul, buku paket; variasi media audio visual berupa video pembelajaran yang ditampilkan melalui LCD Proyektor. 3) Variasi Pola interaksi dan kegiatan yaitu dengan komunkasi multi arah, variasi kegiatan berupa ceramah, diskusi dan tanya jawab. Respon siswa ketika guru mengadakan variasi sangat baik, siswa antusias dan semangat ketika pembelajaran berlangsung. Kendala yang dialami oleh guru dalam pembelajaran diantaranya yaitu adanya perbedaan karakter siswa, perasaan (mood) siswa, serta siswa yang terlalu pasif ketika pembelajaran. Solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala tersebut adalah membuat pembelajaran menjadi menyenangkan, dan aktif serta dengan memperhatikan kondisi mood siswa serta tetap memperhatikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Kata kunci : Keterampilan Mengadakan Variasi, Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mengadakan Variasi, Pembelajaran Matematika
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zahrotul Lu'lu'ul Maknunah
Date Deposited: 05 Aug 2021 09:42
Last Modified: 05 Aug 2021 09:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10618

Actions (login required)

View Item View Item