Pembelajaran Tematik Berbasis Lingkungan di Kelas III MI Al-Hidayah Surusunda Kec. Karangpucung Kab. Cilacap

Riska, Nur Utami (2021) Pembelajaran Tematik Berbasis Lingkungan di Kelas III MI Al-Hidayah Surusunda Kec. Karangpucung Kab. Cilacap. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Riska Nur Utami_Pembelajaran Tematik Berbasis Lingkungan di Kelas III MI Al-Hidayah Surusunda Kec. Karangpucung Kab. Cilacap.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini, guru mengalami kesulitan dalam belajar mengajar melaui pembelajaran daring yang cenderung dipaksakan karena kondisi covid-19 dan guru cenderung fokus pada pencapaian ketuntasan kurikulum. Terbatasnya waktu yang ada sehingga guru tidak dapat memiliki beban mengajar sesuai dengan ketentuan. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang efektif dengan proses belajar mengajar secara daring yang inovatif dan efektif. Keberadaan lingkungan sekitar siswa dapat dimanfaatkan sebagai proses pembelajaran yang menguntungkan bagi siswa untuk memanfaatkannya sebagai media dan sumber belajar. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan dan memperoleh pemahaman makna terkait pembelajaran tematik berbasis lingkungan di kelas III MI Al-Hidayah Surusunda melalui pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjeknya yaitu guru kelas III, orangtua dan siswa kelas III MI Al-Hidayah Surusunda. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan menggunakan model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman meliputi yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran tematik berbasis lingkungan di kelas III MI Al-Hidayah Surusunda dilakukan menggunakan model dalam jaringan (daring) dengan memanfaatkan lingkungan sekitar atau benda-benda yang ada di rumah siswa sebagai media dan sumber belajar. Guru kelas III menggunakan aplikasi whatsapp dan power point dalam memberikan materi kepada siswa. Guru kelas III dibantu oleh orangtua siswa dalam membimbing belajar karena pembelajaran dilakukan di rumah masing-masing siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik, Lingkungan, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Riska Nur Utami
Date Deposited: 04 Aug 2021 04:45
Last Modified: 04 Aug 2021 04:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10595

Actions (login required)

View Item View Item