KREATIVITAS GURU DALAM PENGEMBANGAN MINAT ANAK USIA DINI DI PAUD NURUL UMMAHAAT PEKIRINGAN KARANGMONCOL PURBALINGGA

Erowati, Aji (2021) KREATIVITAS GURU DALAM PENGEMBANGAN MINAT ANAK USIA DINI DI PAUD NURUL UMMAHAAT PEKIRINGAN KARANGMONCOL PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_Bab 1_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Erowati Fitriah Aji_Kreativitas Guru Dalam Pengembangan Minat Anak Usia Dini di PAUD Nurul Ummahaat Pekiringan Karangmoncol Purbalingga.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai upaya kreativitas guru dalam pengembangan minat anak usia dini di PAUD Nurul Ummahaat Pekiringan Karangmoncol Purbalingga. Data penelitian ini di kumpulkan melalui informan atau narasumber yaitu kepala sekolah, guru dan peserta didik di PAUD Nurul Ummhaat Pekiringan Karangmoncol Purbalingga. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini yaitu pra lapangan, penelitian lapangan, analisis data dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kreativitas guru amat sangat penting di dalam proses belajar mengajar. Guru yang kreatif mampu membuat media pembelajaran tersendiri sehingga tercipta hasil dan karya baru yang mampu mengembangkan minat belajar anak usia dini. Selain itu guru sebagai teladan anak, memberikan ruang gerak dan kebebasan anak dalam bereksplorasi di setiap kegiatan belajar mengajar. Kreativitas guru dalam pengembangan minat anak usia dini di PAUD Nurul Ummahaat Pekiringan Karangmoncol Purbalingga juga terdapat banyak hambatan yang di bagi menjadi dua yaitu kendala internal dan kendala eksternal. Hasil penelitian menunjukan bentuk kreativitas guru dalam pengembangan minat di lakukan dalam proses belajar mengajar, puncak tema dan kegiatan tambahan di luar jam pelajaran seperti ektrakurikuler.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Minat, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.5 Creative Arts for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdri Erowati Fitrah Aji
Date Deposited: 04 Aug 2021 04:31
Last Modified: 04 Aug 2021 04:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10569

Actions (login required)

View Item View Item