KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF BUYA HAMKA

Septiana Umi, Zahroh (2021) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF BUYA HAMKA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SEPTIANA UMI ZAHROH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mengkaji masalah pendidikan Islam memang selalu menarik perhatian karena berkaitan langsung dengan potensi yang dimiliki manusia. Untuk dapat mengakomodir seluruh potensi yang dimilikinya, maka diperlukan sebuah konsep pendidikan. Masing-masing tokoh Islam senantiasa mencurahkan berbagai gagasan-gagasannya mengenai pendidikan Islam dan akan terus berkembang mengikuti peradaban. Salah satu dari ragam pemikiran yang dapat dikaji adalah pemikiran pendidikan Islam Buya Hamka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan Islam perspektif Buya Hamka dan relevansinya terhadap pendidikan Islam kontemporer. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Sumber data yang digunakan adalah buku-buku karya Buya Hamka dan sumber-sumber lain yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam perspektif Buya Hamka terdiri dari enam komponen, yaitu manusia dalam pendidikan Islam, pengertian pendidikan Islam, dasar dan tujuan pendidikan Islm, kurikulum pendidikan Islam, pendidik, peserta didik, dan lingkungan pendidikan Islam. Komponen-komponen tersebut masih relevan dengan pendidikan Islam kontemporer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Buya Hamka, Kontemporer
Subjects: 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri SEPTIANA UMI ZAHROH
Date Deposited: 03 Aug 2021 04:09
Last Modified: 03 Aug 2021 04:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10528

Actions (login required)

View Item View Item