PENGARUH METODE TAMYIZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN NAHWU-SHARAF SISWA KELAS VII SMP ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Ulfah, Nur'aini Nandarwati (2021) PENGARUH METODE TAMYIZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN NAHWU-SHARAF SISWA KELAS VII SMP ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ULFAH NUR'AINI NANDARWATI_PENGARUH METODE TAMYIZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN NAHWU-SHARAF SISWA KELAS VII SMP ISTIQOMAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode tamyiz terhadap hasil belajar mata pelajaran nahwu-sharaf siswa kelas VII di SMP Istiqomah Sambas Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dan digunakan sebagai upaya peningkatan hasil belajar nahwu-sharaf dengan metode tamyiz di sekolah tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian field research dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin. Jumlah sampel sebanyak 57 responden dari jumlah populasi sebanyak 134 siswa kelas VII SMP Istiqomah Sambas Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner atau angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data Regresi Linear Sederhana yang bertujuan untuk mengadakan pendugaan ada tidaknya pengaruh metode tamyiz terhadap hasil belajar nahwu-sharaf dan menentukan seberapa besarkan pengaruhnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tamyiz yang diterapkan dapat dikategorikan “Baik”, dengan rata-rata 87,58 pada interval 83,06 – 91,28 dan hasil belajar nahwu-sharaf dapat dikategorikan “Baik” dengan rata-rata 81,39 pada interval 76,49 – 86,29. Sedangkan, berdasarkan uji Regresi Linear Sederhana diperoleh persamaan regresi Y ̅ = 15,522 + 0,756 X, dimana setiap penambahan satu satuan pada variabel metode tamyiz maka variabel hasil belajar akan naik sebesar 0,756 dan arah hubungannya positif. Hasil analisis regresinya diperoleh nilai Fhitung 36,996 > Ftabel 4,016 menunjukkan H0 ditolak dan metode tamyiz memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar nahwu-sharaf. Pencarian besarnya pengaruh metode tamyiz terhadap hasil belajar nahwu-sharaf diperoleh nilai r2 sebesar 0,40 atau 40% dan sisa persentasenya (60%) dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Metode tamyiz yang menjadi perantara guru dalam menyampaikan materi ini menjadi faktor yang memiliki pengaruh cukup besar dan signifikan. Metode ini melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran dan membuat siswa tidak merasa jenuh dan bosan, sehingga dapat berdampak pada ketercapaian hasil belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode tamyiz, hasil belajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdri Ulfah Nur'aini Nandarwati
Date Deposited: 02 Aug 2021 02:29
Last Modified: 02 Aug 2021 02:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10526

Actions (login required)

View Item View Item