STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI DARWATA GLEMPANG KECAMATAN MAOS KABUPATEN CILACAP

Fikri, Aminulloh (2021) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI DARWATA GLEMPANG KECAMATAN MAOS KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TESIS_FIKRI AMINULLOH_1717651006_MPI_PASCA SIDANG.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan sangatlah tinggi. Pendidikan yang bermutu merupakan suatu keharusan, hal tersebut menjadi kebutuhan bagi para orangtua di era milenial seperti sekarang ini. Oleh karena itu, upaya peningkatan mutu pendidikan merupakan hal yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Faktor penting yang besar pengaruhnya terhadap mutu pendidikan adalah kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan. Kepala sekolah adalah pemimpin pendidikan yang mempunyai peran sangat besar dalam mengembangkan mutu sekolah. Ketercapaian tujuan pendidikan sangat bergantung pada kecakapan dan kebijaksanaan kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatan mutu pendidikan di MI Darwata Glempang Maos Cilacap. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah studi kasus dengan lokasi penelitiannya adalah MI Darwata Glempang Maos Cilacap. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut kemudian dianalisis dengan cara mereduksi data, display data, dan kemudian di tarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, kepala MI Darwata Glempang Maos Cilacap menjadikan visi madrasah sebagai alat untuk mengarahkan haluan dan tujuan madrasah. Kepala Madrasah berupaya menjadi misi sebagai pendorong untuk menggali potensi, kreasi, dan inovasi yang dimiliki warga madrasah demi terwujudnya tujuan madrasah. Tekait nilai kepemimpinan, Kepala madrasah menanamkan nilai-nilai unggul dan islami di madrasah untuk diyakini warga madrasah dan dimanifestasikan dalam perilaku sehari-hari, sehingga dapat menumbuhkan budaya berprestasi di madrasah. Kedua, strategi kepemimpinan Kepala MI Darwata Glempang Maos Cilacap dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah: (a) meningkatkan mutu kurikulum dan pembelajaran, yaitu dengan menerapkan Kurikulum 2013 (K-13) dan mendorong upaya-upaya kreatif guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran dengan mengelaborasikan sumber-sumber belajar; (b) meningkatkan mutu kesiswaan, Kepala madrasah menyeleksi calon input madrasah dan memfasilitasi perkembangan bakat dan minat peserta didik; (c) meningkatkan mutu guru dan karyawan, kepala madrasah memberdayakan guru dan karyawan melalui kegiatan rutin dan dan temporal yang diisi dengan kegiatan-kegiatan pemberdayaan di lingkungan madrasah maupun di luar madrasah; dan (d) meningkatkan mutu sarana dan prasarana, kepala madrasah berupaya melengkapi sarana dan prasarana yang kurang secara bertahap dengan skala prioritas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: FIKRI AMINULLOH
Date Deposited: 30 Jul 2021 04:05
Last Modified: 30 Jul 2021 04:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10494

Actions (login required)

View Item View Item