PEMBELAJARAN Al-QUR’AN BAGI SISWA TUNAGANDA DI SLB NEGERI 1 PEMALANG

Rizka, Nurlaili Afriani (2016) PEMBELAJARAN Al-QUR’AN BAGI SISWA TUNAGANDA DI SLB NEGERI 1 PEMALANG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTRA ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
RIZKA NURLAILI AFRIANI_PEMBELAJARAN AL-QURAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa ada seorang siswa tuna ganda yang mempunyai semangat sangattinggi dalam mempelajari Al-Qur’an. hal ini menjadi menarikuntukditeliti karena tunaganda merupakan kelainan yang dimiliki olehseorang individudengankondisi fisikataumentalnya sangatterganggu. Oleh karenaitu perlu diketahui bagaimana pembelajaran Al-Qur’an bagi siswa tunaganda dilakukan. Denganadanya pembelajaranini diharapkan siswatunaganda memperoleh pengetahuan yang baikmengenaimateri Al-Qur’an.Berdasarkanlatarbelakangdiatas, makaPenelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pembelajaran Al-Qur’an bagisiswa tunaganda di SLB Negeri 1 Pemalang. Jenis penelitian ini adalah peneliti lapangan (field research) dan penelitian ini digolongkan kedalam kualitatif deskriptif. Subjek penelitianiniadalah guru matapelajaran PAI dan Waka Kurikulum SLB negeri 1 Pemalang. Objek penelitiannya adalah pembelajaran Al-Qur’an bagi siswatunaganda. Adapunteknik pengambilan data yang penulis gunakan adalah teknikobservasi, wawancaradandokumentasi. Sedangkanan alisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang diperoleh, dapat diketahui bahwa pembelajaran Al-Qur’an bagi siswatunaganda di SLB Negeri 1 Pemalang terdiri dari tiga tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran Al-qur’an tidak dituangkan dalam bentuk RPP atausilabus. Adapunpelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an bagi tuna ganda meliputi: materi Pembelajaran yang berupahafalan surah-surah pendekdanterjemahannya. Metode yang digunakandalam proses pembelajarandiantaranyayaitu: metode (thoriqoh) Sima’I, metodeTalaqqi, metode ceramah dan metode tanyajawab. Adapun evaluasi pembelajaran Al-Qur’an bagisiswa tuna ganda meliputi tes dan non tes. Adapun penilaian berupa tes yaitu penilaian tertulis dan penilaianlisan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al Qur'an, Tuna Ganda
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.344 Pendidikan Keterampilan Khusus
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 08 Sep 2016 00:12
Last Modified: 08 Sep 2016 00:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1047

Actions (login required)

View Item View Item