KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM KITAB TARBIYATUL AULAD FIL ISLAM KARANGAN ABDULLAH NASHIH ULWAN

Ende, Nurul Ulfah (2021) KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM KITAB TARBIYATUL AULAD FIL ISLAM KARANGAN ABDULLAH NASHIH ULWAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Ende Nurul Ulfah_Konsep Pendidikan Anak Usia Dini dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam Karangan Abdullah Nashih Ulwan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan yang sangat fundamental bagi terwujudnya sumber daya manusia yang unggul dan bermartabat. Oleh sebab itu, pemerintah telah merencanakan PAUD sebagai salah satu prioritas dalam pembangunan pendidikan di Indonesia. Melihat pentingnya peran pendidikan anak usia dini, banyak para pakar yang mengkaji tentang konsep pendidikan anak usia dini salah satunya adalah syaikh Abdullah Nashih Ulwan dalam bukunya yang berjudul Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Syaikh Abdullah Nashih Ulwan menjelaskan bahwa buku ini dapat menyelesaikan permasalahan anak-anak dari mereka lahir sampai mereka berusia dewasa, dan menikah. Buku ini juga menerangkan tentang solusi dari permasalahan anak dari aspek keimanan, sosial, akhlak, dan psikologi anak yang disesuaikan dengan Al-Qur‟ān dan hadits. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana konsep pendidikan anak usia dini dalam buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam karangan Abdullah Nashih Ulwan?” Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer, yaitu buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam Jilid 1 dan Jilid 2 karya Abdullah Nashih Ulwan, dan sumber data sekunder yaitu berupa buku-buku pustaka, jurnal ilmiah, dan artikel yang relevan dengan penelitian ini untuk memperkuat pendapat dan melengkapi hasil penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan adalah content analysis dengan metode berpikir deduktif dan komparatif. Setelah penelitian dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa konsep pendidikan anak usia dini dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam karangan Abdullah Nashih Ulwan terdiri dari konsep pendidikan iman, moral, fisik, rasio, psikologi, sosial, dan seksual. Semua aspek tersebut harus dilaksanakan secara bertahap dan kontinyu mulai anak dalam kandungan sampai dewasa. Dalam penerapannya, Abdullah Nashih Ulwan menerangkan bahwa terdapat 4 metode pendidikan yang influentif terhadap anak, yaitu pendidikan dengan keteladanan, adat kebiasaan, nasihat, dan pemberian perhatian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini, Abdullah Nashih Ulwan, Tarbiyatul Aulad Fil Islam
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ende Nurul Ulfah sdri
Date Deposited: 28 Jul 2021 06:06
Last Modified: 28 Jul 2021 06:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10460

Actions (login required)

View Item View Item