STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) UNTUK PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI PADA HOME INDUSTRI SANDAL LEGENDARIS KAMPUNG BANDOL BANARAN PURWOKERTO)

Cika, Eldianti (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) UNTUK PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI PADA HOME INDUSTRI SANDAL LEGENDARIS KAMPUNG BANDOL BANARAN PURWOKERTO). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI CIKA ELDIANTI NIM. 1717201010.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu sektor yang memiliki peran dalam meningkatkan PDB dan menyerap banyak tenaga kerja. Oleh karena itu strategi pengembangan UMKM menjadi penting untuk membuat UMKM lebih berkembang dan bisa memberikan dampak positif salah satunya terhadap kesejahteraan masyarakat. Kesejahteraan penting karena kesejahteraan adalah ujung tombak Ekonomi Islam dan tujuan Negara Indonesia. Industri Sandal Bandol merupakan salah satu UMKM yang tetap eksis sejak tahun 1950 dan menggunakan bahan ramah lingkungan termasuk Home Industri Sandal Legendaris yang bisa menyerap tenaga kerja dari masyarakat sekitar. Dalam penelitian ini masalah umum yang dikemukakan adalah strategi pengembangan UMKM yang digunakan oleh Industri Sandal Legendaris? Bagaimana kesejahteraan pelaku usaha dan masyarakat sekitar Industri Sandal Legendaris dengan menggunakan strategi pengembangan UMKM tersebut? Berdasarkan tujuannya, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data kualitatif penulis menggunakan Analisis interaktif model yang dikembangkan Milles dan Huberman, mulai dari reduksi data, penyajian data, verifikasi hingga penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Industri Sandal Legendaris mempunyai strategi untuk mengembangkan dan mempertahankan usahanya sejak tahun 1980. Strategi tersebut adalah strategi pasar, inovasi , perkembangan alat produksi, manajemen yang baik , dan mempertahankan kualitas produk 2) Kesejahteraan pemilik usaha dan karyawan Home Industri Sandal Legendaris mengalami peningkatan karena dengan menggunakan strategi tersebut Industri Sandal Legendaris dapat bertahan dan berkembang sehingga bisa meningkatkan penghasilan yang akhirnya cukup mampu untuk memenuhi sandang pangan, tempat tinggal, kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan, dan sosial termasuk pemenuhan air bersih yang merupakan indikator kesejahteraan menurut Maslow dan merupakan indikator pembangunan manusia untuk mengukur perkembangan kesejahteraan masyarakat menurut Biro Pusat Statistik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan UMKM, Kesejahteraan Masyarakat,Industri Sandal Bandol.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Cika Eldianti sdr
Date Deposited: 26 Jul 2021 09:04
Last Modified: 26 Jul 2021 09:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10416

Actions (login required)

View Item View Item