KONSEP PENDIDIKAN PRENATAL MENURUT IBNU QAYYIM AL-JAUZIYYAH (Studi Kitab Tuḥfat al-Maudūd bi Aḥkām al-Maulūd)

Unikotul, Aini (2021) KONSEP PENDIDIKAN PRENATAL MENURUT IBNU QAYYIM AL-JAUZIYYAH (Studi Kitab Tuḥfat al-Maudūd bi Aḥkām al-Maulūd). Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_UNIKOTUL AINI_1717402259.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Konsep pendidikan prenatal adalah sebuah pemahaman mendalam yang tersusun secara sistematis mengenai pendidikan prenatal, yang di dalamnya mencakup tujuan, metode, kewajiban orang tua mendidik anak, serta faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan prenatal. Latar belakang penelitian ini yaitu melihat realitas saat ini, kondisi masyarakat khususnya generasi muda dalam kondisi yang memprihatinkan, dan semua ini berakar mula dari kondisi dalam keluarga. Berangkat dari permasalahan tersebut penulis tetarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai bagaimana konsep pendidikan prenatal menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah dalam kitab Tuḥfat al-Maudūd bi Aḥkām al-Maulūd. Kitab Tuḥfat al-Maudūd bi Aḥkām al-Maulūd di nilai relevan dengan kondisi pendidikan Islam saat ini. Selain penjelasan berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits, banyak penjelasan yang memperhatikan perkembangan psikologis anak yang dipadukan dengan ilmu kedokteran. Kitab ini dikarang oleh seorang ulama besar dan pembaharu pemikir Islam abad ke-13 yang bernama Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah. Beliau dilahirkan pada tanggal 7 Shafar 691 H atau betepatan pada tanggal 29 Januari 1292 M. dan wafat pada usia 60 tahun di Damaskus pada tanggal 13 Rajab 751 H/ 1350 M. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode analisis isi model Philipp Mayring, hal ini dikarenakan penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kepustakaan (Library Research). Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa tujuan pendidikan prenatal adalah untuk taat kepada Allah swt. beriman serta berkeadaban. Kemudian metode pendidikan prenatal terbagi menjadi tiga yaitu metode do’a, metode dialog dan instruktif, dan metode ibadah. Selanjutnya, kewajiban orang tua mendidik anak dalam kandungan yaitu mendidiknya dengan benar agar anak taat kepada Allah swt. disamping itu ada beberapa faktor yang mempengaruhi pendidikan prenatal, yaitu faktor gen, faktor makanan dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Prenatal, Tuḥfat al-Maudūd bi Aḥkām al-Maulūd.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.36 Pendidikan Wanita
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Unikotul Aini
Date Deposited: 26 Jul 2021 08:51
Last Modified: 26 Jul 2021 08:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10414

Actions (login required)

View Item View Item