PENERAPAN PRINSIP PRUDENTIAL BANKING PADA PRODUK PEMBIAYAAN BERUPA AKAD MURABAHAH DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA KANTOR PUSAT BPR SYARIAH BUMI ARTHA SAMPANG KABUPATEN CILACAP

Rona, Wahyu Nuzulla (2021) PENERAPAN PRINSIP PRUDENTIAL BANKING PADA PRODUK PEMBIAYAAN BERUPA AKAD MURABAHAH DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA KANTOR PUSAT BPR SYARIAH BUMI ARTHA SAMPANG KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
RONA WAHYU NUZULLA_PENERAPAN PRINSIP PRUDENTIAL BANKING PADA PRODUK PEMBIAYAAN BERUPA AKAD MURABAHAH DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA KANTOR PUSAT BPR SYARIAH BUMI ARTHA SAMPANG KABUPATEN CILACAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Prinsip Prudential Banking adalah suatu asas yang mewajibkan bank melakukan pertimbangan kelayakan pembiayaan yang akan diberikan kepada calon nasabah yaitu salah satunya dengan menggunakan prinsip 5C yaitu Character, Capacity, Capital, Collateral, Condition of Economy. Dari masing-masing poin 5C tersebut nantinya akan menjadi pertimbangan pihak bank dalam menganalisa kelayakan pemberian pembiayaan kepada calon nasabah. Namun, dengan adanya pandemi Covid-19, tidak menghalangi pihak bank dalam penerapan prinsip prudential banking. Seperti halnya penerapan prinsip prudential banking pada produk pembiayaan berupa akad murabahah ditengah pandemi Covid-19 pada kantor pusat BPR Syariah Bumi Artha Sampang. Dalam penelitian ini ditemukan permasalahan bagaimana penerapan prinsip prudential banking dan apa saja faktor-faktor yang melatarbekangi diterapkannya prinsip prudential banking. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yaitu menggunakan analisis interaktif model yang dikembangkan Milles dan Huberman yaitu mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyadian data, verifikasi hingga penyimpulan. Berdasarkan hasil penelitian oleh penulis, faktor-faktor yang melatarbelakangi penerapan prinsip prudential banking pada kantor pusat BPRS Bumi Artha Sampang yaitu ada trend pendatang baru, banyak masyarakat mengajukan pembiayaan, kondisi ekonomi ditengah pandemi, banyak usaha-usaha yang terdampak pandemi, agunan yang diberikan. Dan penerapan prinsip prudential banking ditengah pandemi Covid-19 tersebut lebih diperdalam oleh pihak Kantor Pusat BPRS Bumi Artha Sampang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Prinsip Prudential Banking, Produk Pembiayaan, Akad Murabahah, Covid-19
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Rona Wahyu Nuzulla sdri
Date Deposited: 26 Jul 2021 03:50
Last Modified: 26 Jul 2021 03:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10392

Actions (login required)

View Item View Item