NILAI-NILAI PENDIDIKAN SPIRITUAL DALAM FILM TANDA TANYA KARYA HANUNG BRAMANTYO

Nabilla Hafsah, Biduri (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN SPIRITUAL DALAM FILM TANDA TANYA KARYA HANUNG BRAMANTYO. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NABILLA HAFSAH BIDURI_NILAI-NILAI PENDIDIKAN SPIRITUAL DALAM FILM TANDA TANYA KARYA HANUNG BRAMANTYO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan tentang spiritual di zaman ini semakin meningkat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya bentuk perpecahan antara umat beragama, hidup kebarat-baratan, juga masyarakat yang masih menganut praktek-praktek perdukunan, seperti masih mempercayai tahayul. Apalagi kondisi seperti ini, mereka menelan mentah-mentah informasi yang didapatkan tanpa mencari tahu sumber yang benar. Masa pendemi Covid-19 juga membawa dampak pada proses beribadah umat Islam. Jika kita salah dalam menyikapi hal tersebut dikhawatirkan akan membawa dampak yang besar yaitu rasa syirik dalam diri kita. Oleh karena itu, kita terus berikhtiar, usaha dan do’a agar bisa kembali pada penghayatan nilai-nilai agama. Contohnya dalam film tanda tanya karya hanung bramantyo, yang menggambarkan kehidupan berbangsa, beragama dan bernegara. Penelitian ini termasuk peneliitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode pengamatan dan dokumentasi. Penelitian terhadap Film Tanda Tanya terkait Nilai-nilai Pendidikan spiritual dalam film tersebut. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini yaitu nilai Pendidikan spiritual dalam film tanda tanya karya hanung bramantyo yang harus diketahui, ditanamkan dan diamalkan dalam diri setiap individu yaitu Nilai spiritual dalam film Tanda Tanya karya Hanung Bramantyo ada nilai pendidikan cinta dan kasih sayang, pendidikan percaya diri, pendidikan cerdas, pendidikan adil, pendidikan mandiri, pendidikan perhatian, pendidikan jujur, pendidikan dermawan, pendidikan sabar, pendidikan bersyukur dan pendidikan tenggang rasa. nilai pendidikan spiritual dalam film Tanda Tanya karya Hanung Bramantyo nllai spirual ilahiyah: Mendekatkan diri kepada allah nilai spiritual insaniyah: spiritual insaniyah selalu berpikir rasional, spiritual insaniyah peduli sosial dan masyarakat sekitar. nilai spiritual individual: individual yang bertanggung jawab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan, Spiritual, Film Tanda Tanya
Subjects: 200 Religion > 230 Christian theology > 235 Spiritual beings
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NABILLA HAFSAH BIDURI sdr
Date Deposited: 26 Jul 2021 03:44
Last Modified: 26 Jul 2021 03:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10386

Actions (login required)

View Item View Item