IMPLEMENTASI MICROSOFT TEAMS FOR EDUCATION DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 PURWOKERTO

NURLAILY, FAUZIATUN (2020) IMPLEMENTASI MICROSOFT TEAMS FOR EDUCATION DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 PURWOKERTO. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
NURLAILY FAUZIATUN_IMPLEMENTASI MICROSOFT TEAMS FOR EDUCATION DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 PURWOKERTO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) saat ini merupakan solusi yang diambil oleh dunia pendidikan, agar pembelajaran tetap dapat berlangsung di masa pandemi covid ’19. PJJ memanfaatkan media berbasis internet, ada banyak sekali media/platform PJJ yang bisa digunakan guru, penggunaan platform PJJ yang digunakan oleh guru SMPN 1 Purwokerto pada awalnya tidak sama, hal ini menyulitkan sekolah dalam upaya pemantauan dan pengevaluasian kinerja guru, serta keikutsertaan peserta didik dalam aktivitas pembelajaran kurang maksimal, karena itu SMPN 1 Purwokerto menetapkan satu platform yang sama untuk PJJ yaitu aplikasi Microsoft Teams yang merupakan salah satu aplikasi digital yang bisa digunakan PJJ dengan banyak kemudahan dan fasilitas dalam satu laman. Tujuan penelitian ini yaitu guna mendeskripsikan dan menganalisis implementasi Microsoft Teams dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Upaya pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa perencanaan pada pembelajaran jarak jauh dilakukan secara sistematis oleh sekolah dan guru. Perangkat pembelajaran yang disusun guru disesuaikan dengan perubahan yang ada pada masa pandemi, terdapat beberapa perubahan yaitu pada Kompetensi Dasar yang diajarkan untuk pembelajaran jarak jauh dilakukan penyederhanaan dari kelas VII sampai IX. Jumlah jam pada setiap pertemuannya berkurang dari 3 jam menjadi 2 jam untuk satu kali pertemuan. Pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di Microsoft Teams dapat dilaksanakan dengan menggunakan fasilitas yang ada pada Microsoft Teams mulai dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Media yang digunakan disesuaikan dengan materi ajarnya, yaitu berupa video/film, file power point, file word yang diunggah di Microsoft teams. Penilaian PAI dan Budi Pekerti yang dilakukan meliputi tiga aspek yaitu penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan oleh sekolah setiap bulan, pembelajaran jarak jauh mapel PAI dan Budi Pekerti di Microsoft Teams bisa dilaksanakan dengan baik, hal ini terlihat pada keikutsertaan, keaktifan dan partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di Microsoft Teams, guru dan siswa mendapatkan kemudahan dengan fasilitas yang ada di Microsoft Teams, guru menjadi lebih mudah dalam menyampaikan materi, interaksi antara guru dan peserta didik lebih lebih aktif, memberikan layanan kepada guru dan siswa, untuk mewujudkan situasi belajar yang kondusif. Kata kunci: Implementasi, Microsoft Team for Education, Pembelajaran, Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti. ABSTRACT IMPLEMENTATION OF MICROSOFT TEAMS FOR EDUCATION FOR THE CHARACTER AND ISLAMIC EDUCATION LEARNING AT SMP NEGERI 1 PURWOKERTO Nurlaily Fauziatun NIM 191766036 Distance Learning (PJJ) is currently one of the solutions taken by the world of education, so that learning can continue during the COVID '19 pandemic. Distance learning utilizes internet-based media that requires additional technology media, namely information technology devices. Microsoft Teams for Education is a digital application that can be used for distance learning with many facilities on one page. The purpose of this study is to describe and analyze the implementation of Microsoft Teams for Education in the planning, implementation and evaluation of Islamic education and character education. This research is a field research, using a qualitative approach and the type of descriptive research. Efforts to collect data using observation techniques, interviews and documentation. The results of this study showed that planning for distance learning was carried out systematically by schools and teachers. The learning tools prepared by the teacher are adjusted to the changes that occur during the pandemic, there are several changes, namely in the Basic Competencies taught for distance learning, simplification is carried out from grades VII to IX. The number of hours in each meeting was reduced from 3 hours to 2 hours for one meeting. The implementation of Islamic Religious Education and Character Education in Microsoft Teams can be carried out using existing facilities in Microsoft Teams starting from the introduction, core and closing activities. The media used is adjusted to the teaching material, namely in the form of videos/films, power point files, word files uploaded in Microsoft Teams. Islamic religious education and character education that is carried out includes three aspects, namely the assessment of attitudes, knowledge and skills. Learning evaluations are carried out by the school every month, distance learning for the Islamic Education and Moral Education subject in Microsoft Teams can be carried out well, this can be seen in the participation, activeness and participation of students in participating in learning activities in Microsoft Teams, teachers and students get convenience by the existing facilities in Microsoft Teams, it becomes easier for teachers to deliver material, the interaction between teachers and students is more active, providing services to teachers and students, to create a conducive learning situation. Keywords: Implementation, Microsoft Teams for education, learning, The Character and Islamic Religion Subject

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Microsoft Team for Education, Pembelajaran, Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurlaily Fauziatun sdri
Date Deposited: 21 Jul 2021 05:07
Last Modified: 21 Jul 2021 05:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10361

Actions (login required)

View Item View Item