PEMBELAJARAN TAḤFIẒ AL-QUR’ANDI TPQ BUSTANU USYSYAQIL QUR’AN DESA LESMANA KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Waffa, Ruhul Bakah (2021) PEMBELAJARAN TAḤFIẒ AL-QUR’ANDI TPQ BUSTANU USYSYAQIL QUR’AN DESA LESMANA KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB _BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WAFFA RUHUL BAKAH_PEMBELAJARAN TAḤFIẒ AL-QUR’AN DI TPQ BUSTANU ‘USYSYAQIL QUR’AN DESA LESMANA KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an merupakan sumber hukum dan ajaran Islam. Al-Qur’an sebagai kalamullah memiliki banyak keutamaan dan manfaat dalam kehidupan jika mempelajari dan menghafalnya. Ia berfungsi sebagai pedoman bagi manusia dalam menjalani kehidupan di dunia baik dalam beribadah maupun dalam hal pengembangan ilmu pengetahuan. Dalam upaya untuk menghafal Al-Qur’an, seseorang harus mempersiapkan diri secara sungguh-sungguh guna memenuhi syarat-syarat dalam menghafal Al-Qur’an. Selain itu, penggunaan model pembelajaran yang didukung dengan metode menghafal yang tepat juga mempengaruhi kesuksesan dalam menghafal. Keistiqomahan dalam menghafal dan menyetorkannya kepada guru tahfidz, serta motivasi yang dimiliki untuk menghafal Al-Qur’an baik dari sisi internal maupun eksternal turut mempengaruhi kesuksesan seseorang dalam menghafal Al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran tahfiz dan bagaimana proses pembelajaran tahfiz Al Qur’an di TPQ Bustanu ‘Usysyaqil Qur’an Desa Lesmana Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi, data yang dikumpulkan berasal dariwawancara, catatan lapangan, dokumentasi pribadi, catatan memo dan dokumen resmi lainnya.Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, dengan mewawancarai para penghafal Al-Qur’an di TPQ Bustanu ‘Usysyaqil Qur’an Desa Lesmana Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi, dengan membandingkan hasil wawancara terhadap objek penelitian, dan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumen untuk mengecek kebenaran dan memperkaya data tentang hasil penelitian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran memorizing, dengan kurikulum dan materi ajar yang leah ditentukan dan dalam menghafal melalui proses encoding dengan metode talaqqi dan bin nazar, kemudian proses strorage dengan metode setoran dan baca bersama, dan retrival dengan metode baca simak dan muraja’ah. pembelajaran tahfiz Al Qur’an dilaksanakan melalui 3 fase yaitu: (1) persiapan pengajaran yang berupa menyiapkan sarana dan prasarana pembelajaran, mengkondisikan siswa berbaris di depan kelas dan berdo’a serta muraja’ah surah-surah pendek secara bersama-sama. (2) kegiatan proses pembelajaran dengan menggunakan 3 langkah yaitu: pertama kegiatan awal, berupa salam dan motivasi dari guru, serta mengecek kehadiran dan keadaan siswa. Kedua,kegiatan inti, berisi tentang proses menghafal Al-Qur’an yaitu dengan menggunakan beberapa metode secara bersamaan (gabungan) berupa metode talaqqi, metode bin nadzar, metode setoran, metode muraja’ah baca-simak, dan metode muraja’ah bersama-sama. (3) kegiatan evaluasi, ada 2 macam yaitu evaluasi harian serta evaluasi kenaikan juz. Kata kunci : Pembelajaran, Taḥfiẓ Al Qur’an.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Taḥfiẓ Al Qur’an.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Waffa Ruhul Bakah sdr
Date Deposited: 19 Jul 2021 05:47
Last Modified: 19 Jul 2021 05:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10343

Actions (login required)

View Item View Item