PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME PADA BUKU GURU TEMATIK SD/MI BERDASARKAN TEORI KONSTRUKTIVISME PIAGET

Aldi, Prasetyo (2021) PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME PADA BUKU GURU TEMATIK SD/MI BERDASARKAN TEORI KONSTRUKTIVISME PIAGET. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
tesis-ALDI PRASETYO-191763002-MPGNI-FIX.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Orientasi pembelajaran kurikulum 2013 mendorong siswa untuk belajar secara aktif. Dalam pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013, guru dibantu dengan buku guru sebagai pedomannya. Buku guru tersebut memuat desain pembelajaran yang sudah disesuaikan dengan pembelajaran kurikulum 2013. Merujuk pada orientasi kurikulum 2013, salah satu pembelajaran yang mendorong siswa untuk belajar secara aktif ialah pembelajaran konstruktivisme. Keduanya (Kurikulum 2013 dan pembelajaran konstruktivisme) mempunyai sudut pandang yang sama bahwa siswa harus aktif menemukan pemahamannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran konstruktivisme perspektif Piaget yang termuat dalam buku guru tematik kelas 6 tema 1. Jenis penelitian ini ialah penelitian kepustakaan atau library research. Teknik pengumpulan datanya dengan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil analisis ini menunjukan bahwa 18 rancangan kegiatan pembelajaran yang termuat dalam buku guru tematik SD/MI kelas 6 tema 1 menunjukan kesesuaiannya dengan teori pembelajaran konstruktivisme perspektif Piaget. Hasil analisis ini didasarkan pada kesesuaian dengan tinjauan indikator konstruktivisme Piaget dan langkah pembelajaran konstruktivisme perspektif Piaget. Langkah tersebut yaitu: 1) Orientasi, 2) Siswa aktif mencari, 3) Siswa mengungkapkan pemahamannya, 4) Klarifiasi. Adapun indikator yang penulis gunakan mengacu pada 4 pokok bahasan teori konstruktivisme Piaget, yaitu: 1) Skema, 2) Asimilasi, 3) Akomodasi, 4) Equilibrasi. Meskipun demikian, ada 2 pembelajaran yang tidak secara sempurna memuat langkah pembelajaran konstruktivisme perspektif Piaget. Kedua pembelajaran tersebut terdapat dalam pembelajaran 5 subtema 1 dan pembelajaran 3 subtema 3. Kedua pembelajaran tersebut tidak memuat secara spesifik langkah ketiga pembelajaran konstruktifivisme perspektif Piaget.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Pembelajaran, Konstruktivisme Perspektif Piaget
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aldi Prasetyo sdr
Date Deposited: 12 Jul 2021 07:13
Last Modified: 12 Jul 2021 07:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10292

Actions (login required)

View Item View Item