Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah

Priyanto, Dwi (2021) Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah. CV Rizqunaa, Banyumas. ISBN 978-623-6018-37-8

[img]
Preview
Image
Pengemb.Instrumen Penilaian_cover.jpeg

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
buku pengembangan instrumen penilaian.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Evaluasi di samping untuk mengetahui pencapaian belajar siswa pada tingkat kelas juga untuk menelaah suatu program dan dampak pada program pendidikan. Istilah lain dari tersebut di atas, bahwa yang pertama biasa disebut evaluasi yang bersifat mikro dan kedua evaluasi yang bersifat makro. Pencapaian belajar yang ada pada level mikro tidak hanya yang bersifat kognitif saja, tetapi juga mencakup untuk mengungkap ranah yang lain yaitu afektif dan psikomotor. Atau tiga ranah dalam istilah lain adalah kemampuan berpikir, ketrampilan melakukan pekerjaan, dan perilaku. Setiap siswa mempunyai potensi pada dua ranah yaitu; kemampuan berpikir dan keterampilan, hanya saja tingkatannya antara satu siswa dengan siswa yag berbeda (Djemari Mardapi, 2008: 99). Untuk mendapatkan evaluasi yang objektif diperlukan suatu instrumen penilaian yang baik yaitu instrumen yang memenuhi kriteria valid dan reliabel. Instrumen yang baik semestinya akan bisa dijadikan sebagai alat untuk mengungkap keterampilan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Keterampilan yang dikehendaki di sini tidak sekedar memahami, tetapi juga keterampilan melakukan pekerjaan dan perilaku harus sesuai dengan apa yang dijalankannya.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: instrummen penilaian: mata pelajaran Fiqh; Madrasah Aliyah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 09 Jul 2021 09:14
Last Modified: 09 Jul 2021 09:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10288

Actions (login required)

View Item View Item