Pengaruh Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan terhadap Perilaku Menabung Anggota Koperasi di Purbalingga (Studi Kasus pada Koperasi Syariah)

Pradita Tri, Nugraheni (2021) Pengaruh Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan terhadap Perilaku Menabung Anggota Koperasi di Purbalingga (Studi Kasus pada Koperasi Syariah). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PRADITA TRI NUGRAHENI - (DITA).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Abstrak Dita.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan masyarakat Indonesia semakin konsumtif dan mulai meninggalkan kebiasaan menabung. Perilaku konsumtif masyarakat Indonesia tergolong berlebihan jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara. Setelah orang memahami atau sadar tentang pengelolaan keuangan, hal yang harus segera dilakukan adalah mengakses atau menggunakan produk ataupun layanan keuangan (inklusi keuangan). Salah satu lembaga non bank adalah koperasi. Koperasi masih diminati masyarakat karena proses dan syarat pengajuan pinjaman lebih mudah jika dibandingkan mengajukan di bank, dan dapat sisa hasil usaha setiap tahun. Salah satu jenis koperasi yang ada di masyarakat adalah Koperasi Syariah atau BMT, banyak BMT tumbuh di lingkungan masyarakat untuk membantu pembiayaan masyarakat. Salah satu Kabupaten yang ada di wilayah Jawa Tengah yaitu Kabupaten Purbalingga, menurut Bank Indonesia posisi tabungan masyarakat mengalami peningkatan rata-rata dari tahun 2015 sampai 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode regrasi linear berganda menggunakan SPSS 25. Penelitian ini dilakukan di koperasi syariah Kabupaten Purbalingga pada bulan Maret sampai April 2021. Populasi yang dijadikan obyek penelitian ini adalah anggota koperasi syariah kabupaten Purbalingga tahun 2020. Jumlah BMT/Koperasi Syariah 43 unit dan jumlah anggota sebanyak 16.870. Teknik yang peneliti gunakan dalam pengambilan sampel adalah simple random sampling menggunakan rumus slovin sehingga dapat ditentukan jumlah sampel 100 responden. Untuk menguji hipotesis penulis menggunakan metode Uji t dan Uji F. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, penelitian menggunakan SPSS 25 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku menabung, pengaruh inklusi keuangan terhadap perilaku menabung, dan secara stimultan terdapat Pengaruh Literasi dan Inklusi Keuangan terhadap Perilaku Menabung Anggota Koperasi Syariah di Purbalingga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Menabung, Koperasi Syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.2 Lembaga Perbankan Khusus
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Sdri Pradita Tri Nugraheni
Date Deposited: 09 Jul 2021 10:16
Last Modified: 09 Jul 2021 10:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10286

Actions (login required)

View Item View Item