POLA KEMITRAAN BERBASIS MODAL SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA KUB GRIYA KREATIF DESA KEDUNGWRINGIN KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS)

Rizki, Dwi Cahyani (2021) POLA KEMITRAAN BERBASIS MODAL SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA KUB GRIYA KREATIF DESA KEDUNGWRINGIN KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
RIZKI DWI CAHYANI_ POLA KEMITRAAN BERBASIS MODAL SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA KUB GRIYA KREATIF DESA KEDUNGWRINGIN KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pola kemitraan merupakan suatu sistem persekutuan antara dua pihak atau lebih yang membentuk suatu ikatan kerjasama atas dasar kesepakatan dan rasa saling membutuhkan dalam rangka meningkatkan kapasitas di suatu bidang usaha tertentu, atau tujuan tertentu, sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih baik. Bertolak dengan program kemitraan yang dilakukan, dibutuhkan adanya modal sosial dalam suatu kelompok masyarakat dengan unsur-unsur norma sosial, jaringan sosial dan kepercayaan. Pola kemitraan berbasis modal sosial telah di terapkan di KUB Griya Kreatif dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sebagai mitra usahanya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan kemudian penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua pola kemitraan yang diterapkan di KUB Griya Kreatif yaitu pola subkotrak dan pola keagenan. Bentuk-bentuk modal sosial dalam pola kemitraan yang diterapkan diantaranya: norma sosial, jaringan sosial dan kepercayaan. Pola kemitraan berbasis modal sosial ini mampu meningkatkan pendapatan masyarakat yang merupakan mitra usahanya dengan rata-rata sebesar Rp. 555.000 per bulan. Konsep kemitraan yang terjalin antara KUB Griya Kreatif dengan mitra usahanya merupakan Syirkah ‘Uqud. Konsep kemitraan yang diterapkan secara keseluruhan sudah memenuhi rukun-rukun syirkah dalam Islam yaitu sighat, orang yang berakad, dan obyek akad.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Kemitraan, Modal Sosial, Peningkatan Pendapatan Masyarakat.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizki Dwi Cahyani
Date Deposited: 08 Jul 2021 08:00
Last Modified: 08 Jul 2021 08:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10279

Actions (login required)

View Item View Item