ANALISIS HUBUNGAN PEMBIAYAAN MUSYARAKAH, MURABAHAH, MUDHARABAH, DAN BIAYA TRANSAKSI DENGAN PROFITABILITAS (ROA) PT BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH INDONESIA PERIODE JANUARI 2016 - JUNI 2020

Rohadatul, Ais (2021) ANALISIS HUBUNGAN PEMBIAYAAN MUSYARAKAH, MURABAHAH, MUDHARABAH, DAN BIAYA TRANSAKSI DENGAN PROFITABILITAS (ROA) PT BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH INDONESIA PERIODE JANUARI 2016 - JUNI 2020. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Rohadatul Ais 1717202096.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bank Pembiayaan Rakyat Syariah merupakan lembaga keuangan yang berfungsi menyalurkan dan penghimpunan dana. BPRS lebih mengutamakan untuk memberikan pembiayaan kepada usaha mikro, kecil, dan menengah. Tujuan Penelitian ini untuk menganalis pengaruh pembiayaan yang mendominasi pada BPRS yaitu Musyarakah, Murabahah, Mudharabah serta Biaya Transaksi yang dikeluarkan terhadap Profitabilitas BPRS. Salah satu indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat profitabilitas adalah ROA. ROA penting bagi bank untuk mengukur efektivitas perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dengan memanfaatkan aktiva yang dimilikinya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data penelitian diambil dari laporan statistik perbankan syariah perbulan pada Januari 2016- Juni 2020 yang dapat diakses melalui situs resmi Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia. Metode yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan bantuan software SPSS 21. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembiayaan mudharabah dan biaya transaksi non bagi hasil terjadi korelasi atau hubungan dengan profitabilitas (ROA) Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Indonesia periode 2016-2020. Dan diketahui pula bahwa pembiayaan murabahah, musyarakah, dan biaya transaksi non bagi hasil tidak terjadi korelasi atau hubungan dengan profitabilitas (ROA) Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Indonesia periode 2016-2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Musyarakah, Murabahah, Mudharabah, Biaya Transaksi, Profitabilitas
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.24 Persekutuan (Syirkah, Qirad, Mudhorobah, Murabahah, Musaqoh, Muzaroah)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Rohadatul Ais sdri
Date Deposited: 06 Jul 2021 02:41
Last Modified: 06 Jul 2021 02:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10249

Actions (login required)

View Item View Item