ANALISIS TINGKAT KEPUASAN SANTRI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DALAM BERTRANSAKSI DI BRI SYARIAH MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI ) (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an II Ciwarak, Sumbang, Banyumas)

Nahdatul, Devi Anggraeni (2021) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN SANTRI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DALAM BERTRANSAKSI DI BRI SYARIAH MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI ) (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an II Ciwarak, Sumbang, Banyumas). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NAHDATUL DEVI_ANALISIS TINGKAT KEPUASAN SANTRI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DALAM BERTRANSAKSI DI BRI SYARIAH MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI ).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui atribut-atribut dari pelayanan yang dianggap penting berdasarkan persepsi santri sebagai nasabah dan mengetahui tingkat kepuasan ketika bertransaksi di BRI Syari’ah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah santri Pondok Pesantren Roudhotul Quran II Ciwarak, Sumbang, Banyumas yang diambil secara acak berjumlah 55 orang. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Metode Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk menentukan tingkat kepentingan dan kinerja atribut kualitas pelayanan BRI Syari’ah. Metode Customer Satisfaction Index (CSI) digunakan untuk menentukan tingkat kepuasan nasabah terhadap kualitas pelayanan BRI Syari’ah. Data diolah menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan bantuan alat uji IBM SPSS 22. Untuk mengetahui atribut-atribut apa saja yang dianggap penting, digunakan teknik analisis IPA dan untuk mengetahui tingkat kepuasan terhadap pelayanan digunakan teknik analisis CSI. Metode yang dipakai untuk mengumpulkan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara dan kuisioner Berdasarkan hasil analisis IPA, diperoleh hasil bahwa atribut yang menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan kinerjanya adalah yang berada di kuadran II, Atribut yang menjadi prioritas kedua untuk diperbaiki adalah yang berada di kuadran III. Berdasarkan hasil analisis CSI, yang diperoleh adalah sebesar 81,25% yang menujukan bahwa santri sebagai nasabah merasa sangat puas dengan kinerja dari BRI Syari’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPA, CSI, Kepuasan Santri, Transaksi di BRI Syariah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: NAHDATUL DEVI ANGGRAENI sdr
Date Deposited: 27 Jul 2021 04:18
Last Modified: 27 Jul 2021 04:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10243

Actions (login required)

View Item View Item