MANAJEMEN PENDIDIKAN PESANTREN TAHFID AL HIKMAH 2 BENDA BREBES

Mukhayatun, Mukhayatun (2021) MANAJEMEN PENDIDIKAN PESANTREN TAHFID AL HIKMAH 2 BENDA BREBES. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_daftar Pustaka.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUKHAYATUN_MANAJEMEN PENDIDIKAN PESANTREN TAHFIZ AL HIKMAH 2 BENDA BREBES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajemen merupakan sekumpulan elemen yang terintegasi bekerja bersama guna mencapai suatu tujuan tertentu pada proses pengelolaan lembaga pendidikan yang terkait untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Dalam lembaga pendidikan pesantren tahfiz lebih cenderung menggunakan manajemen pendidikan Islam sebagai dasar pijakan pengelolaannya. Hal ini dapat dilihat dari landasan yang dipakai menggunakan Al Qur’an dan hadis Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mendiskripsikan manajemen pendidikan di PPTQ Al Hikmah 2 Benda Brebes. Subyek penelitian adalah santri putri PPTQ Al Hikmah 2 Benda Brebes, sedangkan obyek penelitian adalah manajemen pendidikan yang diterapkan di PPTQ Al Hikmah 2 Benda Brebes. Paradigma dalam penelitian ini adalah postpositivism, yaitu keterlibatan peneliti dalam observasi terhadap manajemen yang diterapkan di PPTQ ini, selain itu peneliti juga bermaksud untuk mendiskripsikan manajemen yang diterapkan oleh steakholder sesuai dengan kaidah manajemen untuk menciptakan pengajaran dan pendidikan yang terstruktur, sehingga memudahkan dalam pencapaian tujuan pendidikan. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, data display dan conslution drawing /verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen pendidikan yang diterapkan di PPTQ Al Hikmah 2 Benda Brebes dalam pendidikan tahfidz al-Qur’an 30 juz bil ghaib adalah menggunakan planning yang meliputi visi,misi tujuan serta adanya kurikulum. Organizing yang meliputi struktur organisasi pengurus dan asatizah serta jadwal pelaksanaan kegiatan pengajaran. Actuating yang meliputi pelaksanaan pendidikan yang mengkolaborasikan kurikulum yang menitiberatkan pada kegiatan menghafal Al – Qur’an dan kurikulum MDTA,MDTW,MDTU dari kemenag serta metode yang digunakan adalah elohan/talaqi, muroja’ah, mu’arodhoh, talqin, serta evaluasi. Controlling yang melipuri bentuk dan sistem pengawasan yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung oleh pengasuh dan azatizah. Kata kunci : Majemen Pendidikan Pesantren Tahfiz

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Majemen Pendidikan Pesantren Tahfiz
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mukhayatun Mukhayatun sdr
Date Deposited: 15 Jun 2021 02:19
Last Modified: 15 Jun 2021 02:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10197

Actions (login required)

View Item View Item