PENGARUH PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP PROFITABILITAS PADA BANK UMUM SYARIAH TAHUN

Diah, Ambarwati (2021) PENGARUH PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP PROFITABILITAS PADA BANK UMUM SYARIAH TAHUN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP-DIAH AMBARWATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan kepedulian perusahaan yang mencakup aspek keuangan/ekonomi, kehidupan sosial dan juga lingkungan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan yang komponennya mengacu kepada komponen yang termuat dalam ISR yaitu Pendanaan dan Invesasi, Produk dan Jasa, Tenaga Kerja, Kemasyarakatan / Keterlibatan Komunitas, Lingkungan, Tata Kelola Perusahaan terhadap profitabilitas (Return on Assets). Penelitian ini menggunakan sampel jenuh dari perusahaan yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selama periode 2015-2019 dengan 13 sampel Bank Umum Syariah di Indonesia. Dengan menggunakan uji prasyarat asumsi klasik dengan analisis regresi data panel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji f, uji t, dan koefisien determinasi. Hasilnya menunjukkan bahwa secara parsial variabel produk dan jasa dan variabel Kemasyarakatan/Keterlibatan Komunitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas (Return on Assets). Sedangkan secara simultan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (Return on Assets).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility), Profitabilitas (Return on Assets), Bank Umum Syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.2 Lembaga Perbankan Khusus
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Sdri Diah Ambarwati
Date Deposited: 14 Jun 2021 06:16
Last Modified: 14 Jun 2021 06:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10190

Actions (login required)

View Item View Item