PENINGKATAN MUTU TENAGA PENDIDIK DI SMP N 2 WARUNGPRING KECAMATAN WARUNGPRING KABUPATEN PEMALANG

UMI KHALIMATUS SA’DIYAH, NIM. 102333006 (2016) PENINGKATAN MUTU TENAGA PENDIDIK DI SMP N 2 WARUNGPRING KECAMATAN WARUNGPRING KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
UMI KHALIMATUS SA’DIYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img]
Preview
Text
COVER, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Pendidik merupakan agen terpenting dalam peningkatan mutu pendidikan, untuk itu peningkatan mutu tenaga pendidik itu menjadi tombak utama dalam keberhasilan pencapaian tujuan sekolah. Tenaga pendidik (guru) mempunyai peran yang sangat strategis dalam upaya mewujudkan tujuan pembangunan nasional, khususnya dibidang pendidikan, sehingga perlu dikembangkan sebagai tenaga profesi yang bermanfaat dan professional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu data yang terkumpul berbentuk kata-kata bukan angka-angka. Penelitian ini menggunakan metode riset lapangan (field research) dengan teknik analisis non statistik (analisis deskriptif) yang melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dikorelasikan dengan teori-teori yang ada. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan mutu tenaga pendidik di SMP N 2 Warungpring Pemalang. Dari analisis yang penulis lakukan dapat diambil kesimpulan bahwa: 1. Mutu tenaga pendidik SMP N 2 Warungpring Pemalang dapat dikatakan baik, hal ini dilihat dari empat standar kompetensi yang dimiliki pendidik yaitu: kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. 2. Upaya peningkatan mutu tenaga pendidik di SMP N 2 Warungpring Pemalang meliputi: a. Peningkatan kompetensi paedagogik melalui : Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), Seminar, Workshop, Studi Banding dan Supervisi. b. Peningkatan kompetensi profesional melalui : Sertifikasi serta Pendidikan dan Pelatihan. c. Peningkatan kompetensi kepribadian melalui: Menerapkan disiplin waktu, disiplin beribadah dan disiplin mengajar, Menerapkan berbagai kegiatan antara lain upacara bendera, rapat rutin dan pembekalan, Menerapkan peraturan bagi pendidik untuk berpakaian rapi, sopan dan menerapkan seragam. Kepala sekolah mengadakan percakapan dengan tenaga pendidiknya untuk mengetahui apakah ada permasalahan yang dihadapi oleh tenaga pendidik terhadap siswa, maupun terhadap sesama pendidik ataupun masalah pembelajaran. d. Peningkatan kompetensi sosial melalui : Pembinaan keakraban, pengajian bersama dan mengikuti kegiatan sosial dimasyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mutu Tenaga Pendidik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 06 Sep 2016 02:54
Last Modified: 06 Sep 2016 02:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1019

Actions (login required)

View Item View Item